Image

Ketupat Lebaran yang Lembut & Tahan Lama, Ini 4 Tipsnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 298 1720914 ketupat-lebaran-yang-lembut-tahan-lama-ini-4-tipsnya-BKrUbbGxR2.jpg Ketupat lebaran yang lembut (Foto:Commons)

LEBARAN sudah di depan mata, sudah saatnya bagi ibu-ibu di rumah menyiapkan hidangan spesial untuk disantap bersama keluarga tercinta. Salah satu hidangan yang wajib disajikan saat Lebaran adalah ketupat.

Ketupat umumnya disantap bersama opor ayam, semur daging, dan hidangan lezat lainnya. Namun ternyata, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat ketupat bertekstur lembut, padat, dan bertahan lebih lama.

Selain pemilihan beras dan janur, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat ketupat. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Selasa (20/6/2017).

Pemilihan beras

Agar ketupat Anda enak dan tahan lama, tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih berkualitas dan bermutu. Setelah itu, cuci beras yang digunakan hingga bersih, kemudian rendam selama 30 menit agar tekstur ketupat menjadi lembut dan tidak cepat basi.

Takaran beras

Jika Anda menggunakan beras pulen, isilah ketupat dengan takara 2/3 bagian saja. LAin halnya jika kualitas beras sedikit pera, Anda harus mengisinya dengan perbandingan 1/3 bagian pada selongsong ketupat.

Proses perebusan

Saat memasuki proses perebusan, pastikan ketupat benar-benar terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna. Jika saat merebus air tampak menyurut, Anda bisa menambahkannya dengan air mendidih agar proses pematangan terus berlangsung. Namun, bila ingin menikmati ketupat dengan sensasi gurih yang kuat, Anda bisa mengganti air dengan santan.

Penyimpanan

Ketika matang, segera angkat ketupat lalu siram dengan air biasa, dan gantung agar tidak ada air yang mengendap di dalam ketupat agar tidak cepat basi. Simpanlah ketupat di dalam lemari es dengan membungkusnya menggunakan kantung plastik terlebih dahulu. Dengan cara ini, ketupat dapat bertahan hingga 4-7 hari.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini