Image

KAYA REMPAH: Kenali Andaliman, Rempah Pedas yang Sering Disebut Merica Batak

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 18:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 20 298 1720999 kaya-rempah-kenali-andaliman-rempah-pedas-yang-sering-disebut-merica-batak-TAr7oInR71.jpg Andaliman atau disebut merica batak (Foto:Wikipedia)

SEBAGAI salah satu rempah khas Indonesia, andaliman memang tidak sepopuler cengkeh atau kayu manis tetapi rasa khasnya mampu membuat masakan lebih menggigit. Cari tahu lebih dalam yuk, apa itu andaliman.

Andaliman termasuk dalam jenis rempah yang berasal dari kulit buah berbentuk bulat kecil. Rempah ini tidak terlalu banyak ditambahkan dalam masakan tetapi pada masakan Batak, rempah ini jadi salah satu yang sangat penting. Saking pentingnya andaliman pada masakan Batak, rempah ini acap kali disebut sebagai merica batak.

 


Andaliman sendiri secara alami memiliki rasa yang pedas dan beraroma segar seperti jeruk. Saat ditambahkan dalam masakan, andaliman menyumbang rasa pedas menggigit yang cukup getir sehingga penggunaan dalam jumlah banyak dalam masakan kadang membuat lidah kelu atau mati rasa sesaat.

Masyarakat Batak kerap menggunakan andaliman saat mengolah hidangan tradisional seperti arsik atau saksang. Dua masakan ini memang harus diolah menggunakan andaliman dan tidak bisa digantikan dengan bumbu lain.

 


Karena keunikan rasanya, kadang andaliman dijadikan sebagai campuran dalam masakan kreasi para koki. Selain di Indonesia, andaliman juga kerap jadi campuran masakan di beberapa negara di Asia Timur dan Asia Selatan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini