Image

SHARE LOC: Cantiknya Pahatan Seni di Monumen Bajra Sandhi Bali

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 14:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 20 406 1720605 share-loc-cantiknya-pahatan-seni-di-monumen-bajra-sandhi-bali-iMkcOkVgmc.JPG Monumen Bajra Sandhi, Bali (foto: Instagram/@hafidzulardi)

PULAU Dewata merupakan sasaran tepat bagi penikmat seni, karena banyak bangunan unik khas Bali yang kaya dengan ukiran seninya, salah satunya monumen Bajra Sandhi yang berlokasi di Denpasar.

Kehadiran Monumen Bajra Sandhi ini memang tak pernah terdengar di kalangan wisatawan lokal, namun cukup populer di kalangan wisatawan asing. Monumen ini menghadirkan arsitektur khas Bali dengan ukiran-ukiran unik.

Jika dilihat dari jauh, monumen Bajra Sandhi ini sebenarnya serupa dengan Monumen Nasional di Jakarta karena ada sebuah menara, hanya ukiran seninya membuat bangunan lebih unik. Di bagian bawah terdaat tumpukan batu dan patung, serta menjadi pintu masuk ke dalam monumen.

Namun, monumen ini bukanlah situs bersejarah melainkan sebuah wujud karya seni yang agung di tahun 1980-an. Bangunan ini merupakan hasil kerja keras seorang arsitek bernama Ida Bagus Gede Yadnya. Dia memenangkan kompetisi arsitektur monumen yang di adakan di provinsi Bali saat itu.

Makna sesungguhnya dari setiap ukiran monumen ini merupakan lambang hari Kemerdekaan Indonesia. Di mana ada 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama dan ketinggian monumen 45 meter, jika digabungkan menjadi 17-8-1945 (Hari Kemerdekaan Indonesia).

Keindahan arsitektur bangunannya memang begitu digilai wisatawan asing terlebih wisatawan China, karena bagi mereka sekilas bangunan mirip dengan pagoda. Monumen ini juga berdiri di atas lapangan Niti Mandala Renon yang menjadi tempat penyegaran jasmani di Denpasar.

Kehadiran Monumen Bajra Sandhi menambah keunikan tempat-tempat khas di provinsi yang dipimpin I Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta ini.

Cloudy Sunday Morning #bali #morning #sunday #sundaymorning #cloudy #beautiful #wonderful #bajrasandi

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bali Destiny (@bali_destiny) pada Jun 17, 2017 pada 5:32 PDT

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini