Image

JELAJAH ISLAM: Melirik Suasana Klasik di Masjid Al Makmur Tanah Abang

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 20 406 1720683 jelajah-islam-melirik-suasana-klasik-di-masjid-al-makmur-tanah-abang-F8117jMlT4.jpg Masjid Al Makmur, Tanah Abang (foto: Tentry Yudvi/Okezone)

SORE hari menjelang berbuka di kawasan Tanah Abang, jalanan terlihat padat dan macet. Orang sibuk membawa barang belanjaan mereka untuk persiapan Hari Lebaran. Namun, dari hiruk pikuk kawasan ini, ada yang membuat mata Okezone tertarik untuk menelusurinya, ialah Masjid Al Makmur.

Bangunan ini bukanlah bangunan modern yang biasa ditemukan di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Dari depan terlihat menara tinggi dua buah yang mirip dengan bangunan masjid cantik dengan sentuhan motif Timur Tengah.

Di bagian ini juga ada tulisan arab yang diukirkan di atas keramik hijau. Kemudian, terlihat 3 pilar membentuk sebuah pintu untuk mempermudah jamaah masuk ke dalam masjid. Keramik mozaiknya pun sangat cantik.

"Masjid ini dibangun oleh seorang saudagar kain bernama Habib Abu Bakar Alhabsyi dan diperluas pada tahun 1914," jelas Rudi pengelola Sekretariat Masjid Al Makmur kepada Okezone.

Sebelum menjadi masjid, bangunan hanya sebuah musala kecil dan sudah ada jauh dari tahun 1914, hanya saja belum ada penelitian, serta penemuan yang menggambarkan pemilik langgar kecil tersebut.

"Tadinya ini hanya musala kecil dulu letaknya ada di dalam hall, sangat kecil. lalu dijadikan masjid, dan bangunan masjid menjadi bangunan terbesar sebelum ada Istiqlal zaman dulu," jelasnya.

Tanah abang beristighosah untuk pemimpin muslim 😇 #aminn #takbir!!! #allahuakbar☝ #okeoc👌

Sebuah kiriman dibagikan oleh yokkomulsaputra (@yokkomulsaputra) pada Apr 17, 2017 pada 6:36 PDT

Lebih indahnya lagi, suasana klasik dari masjid ini ternyata dibuat oleh seorang arsitek Belanda yang bekerja untuk membangun kemegahan masjid. Indahnya begitu terasa hingga saat ini, dan membuat orang betah untuk beribadah.

Sisa peninggalan bersejarah tak hanya bisa dilihat di ukiran mozaik masjidnya, tetapi Anda juga bisa melihat jam yang berada di ke dua sisi mimbar, dan juga mimbarnya sendiri yang masih ada sejak zaman Belanda.

Sejak dibangunnya masjid sudah banyak tokoh Nasional beribadah di sini, di antaranya Sukarno, Hatta, dan KH Mas Mansyur. Sedangkan, tokoh mancanegara seperti syeikh-syeikh dari Arab pun pernah ceramah, dan beribadah di Masjid Al Makmur tersebut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini