Image

Simak 3 Waktu Terbaik Berolahraga Selama Anda Puasa

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 20 481 1720483 simak-3-waktu-terbaik-berolahraga-selama-anda-puasa-GsaiLCnnog.jpg Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

SEKALIPUN puasa, bukan berarti kebiasaan Anda rutin berolahraga terhenti. Nah, Anda bisa memerhatikan waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa berikut ini.

Puasa bukan menjadi halangan Anda untuk tetap melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Olahraga saat puasa juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk lebih banyak membakar kalori, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan saat puasa.

Tentu, ini merupakan sebuah hal yang positif. Namun, sebaiknya jangan sembarangan melakukan olahraga saat puasa. Tetap perhatikan waktu dan intensitas olahraga saat puasa agar olahraga tidak mengganggu puasa Anda.

Kapan sebaiknya melakukan olahraga saat puasa?

Olahraga saat perut Anda kosong dan haus dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Ini bisa membuat Anda merasa sangat kelelahan, lemas, pusing, sampai menyebabkan dehidrasi. Olahraga berat saat puasa juga dapat menyebabkan kerusakan otot dan juga dapat meningkatkan hormon stres (hormon kortisol) dalam tubuh. Sehingga untuk mencegah hal ini, Anda harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa.

Sebenarnya, waktu yang tepat untuk Anda melakukan olahraga saat puasa tergantung pada diri Anda sendiri. Selama Anda tidak merasa lemas dan pusing setelah melakukan olahraga saat puasa, ini tidak menjadi masalah. Kekuatan setiap orang untuk berpuasa bisa berbeda-beda. Namun, terdapat waktu paling baik bagi Anda untuk melakukan olahraga saat puasa, yaitu:

Sebelum buka puasa

Anda bisa melakukan olahraga sesaat sebelum Anda buka puasa untuk membakar lemak lebih banyak. Tentu, ini menguntungkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Melakukan olahraga di saat perut kosong bisa membantu Anda dalam menghilangkan lemak lebih banyak.

Setelah Anda olahraga (menggunakan sisa energi Anda), kemudian Anda bisa makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga waktu olahraga sebelum buka puasa mungkin merupakan waktu olahraga yang baik. Anda mungkin tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Namun ingat, jangan memaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan untuk bisa membakar lemak lebih banyak. Anda masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang Anda lakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit. Jangan sampai Anda sakit, merasa lemas, dan pusing setelah olahraga.

Setelah buka puasa

Ini merupakan waktu terbaik untuk Anda olahraga selama bulan puasa. Anda bisa melakukan olahraga dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Tunggu sampai makanan Anda dicerna oleh tubuh sehingga Anda mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga. Karena Anda sudah makan dan mengisi tubuh Anda lagi dengan energi, sehingga Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda inginkan pada saat ini, dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Setelah sahur

Setelah sahur Anda juga bisa melakukan olahraga. Tubuh Anda telah menerima energi dari makanan yang Anda makan saat sahur, sehingga Anda bisa melakukan olahraga pada saat ini. Namun, sebaiknya olahraga yang Anda lakukan setelah sahur adalah olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Namun ingat, Anda harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas Anda selanjutnya sampai waktu buka puasa, sehingga jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu ini. Demikian dilansir situs Hellosehat.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini