nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: 8 Khasiat Biji Jintan Hitam untuk Kesehatan Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017 04:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 20 481 1720921 kaya-rempah-8-khasiat-biji-jintan-hitam-untuk-kesehatan-anda-iH1I0Ae1nB.jpg Biji jintan hitam (Foto: Boldsky)

BIJI jintan hitam tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai penyedap kari. Rempah-rempah ini ternyata memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan.

Biji jintan hitam adalah bibit tanaman Nigella Sativa, yang berasal dari Asia Selatan dan Barat Daya. Rasanya pahit, memiliki bau tajam, dan warnanya hitam seperti namanya.

Anda dapat mengonsumsi biji jintan hitam langsung, atau mencampurnya dengan madu. Selain itu, Anda bisa merebus biji jintan hitam dengan air atau susu.

Berikut 8 khasiat biji jintan hitam untuk kesehatan Anda yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak penelitian telah membuktikan, biji jintan hitam atau minyaknya bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biji jintan hitam memiliki sifat antibakteri dan bisa melawan patogen. Madu dan kayu manis dalam minyak biji jintan hitam merupakan obat alami yang populer untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menyembuhkan demam dan flu

Biki jintan hitam memiliki sifat antiinflamasi, antiviral dan antibakteri, menjadikannya bahan penting dalam pengobatan di rumah untuk demam, flu dan sakit tenggorokan. Biji jintan hitam membantu tubuh berkeringat, menurunkan suhu dan melepaskan racun.

3. Sakit gigi

Sifat antiinflamasi dan antibakteri membuat biji jintan hitam ideal mengobati sakit gigi. Menggosok minyak pada gusi adalah trik sederhana untuk melawan infeksi gusi.

4. Mengelola tekanan darah tinggi

Penelitian telah membuktikan, biji jintan hitam dapat mengurangi tekanan sistolik dan diastolik. Hal ini terutama pada orang-orang yang memiliki sedikit peningkatan tekanan darah.

5. Pengobatan diabetes

Biji jintan hitam diyakini dapat membantu pasien diabetes tipe 1 dan 2. Karena, menyebabkan degenerasi parsial sel beta pankreas, meningkatkan konsentrasi serum insulin yang diturunkan dan menurunkan glukosa yang meningkat.

6. Mengobati sembelit

Biji jintan hitam membantu mengatasi masalah pencernaan. Biji jintan hitam bagus untuk membersihkan usus dan membangun kembali bakteri baik di sana. Karenanya, biji jintan hitam baik untuk mengobtati masalah gas dan perut kembung.

7. Menyembuhkan masalah telinga

Biji jintan hitam tidak hanya memiliki sifat antibakteri dan antiviral yang bisa melawan infeksi. Tetapi, minyak biji jintan hitam juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat dinjeksi ke telinga. Teteskan minyak jintan hitam ke telinga untuk membersihkan dan mengatasi masalah infeksi.

8. Mengobati hepatitis

Biji jintan hitam terkena akan efeknya pada liver, karena mencegah kerusakan dan penyakitnya. Biji jintan hitam juga terbukti bermanfaat melawan hepatitis C, karena itu merupakan bagian dari pengobatan alami liver.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini