Image

Untuk Pemudik, Ini Bahaya Merokok Sambil Berkendara

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 20 481 1720959 untuk-pemudik-ini-bahaya-merokok-sambil-berkendara-fNIHk8y1Fy.jpg Ilustrasi (Foto: Worldcarfans)

MACET saat mudik adalah hal yang tidak bisa dihindari. Terjebak macet membuat waktu tempuh perjalanan menuju kampung halaman akan menjadi lebih lama.

Biasanya jika sudah terlalu lama terjebak dalam kemacetan, orang akan kebingungan untuk mencari kegiatan guna menghabiskan waktu. Terlebih untuk pengemudi, dirinya tidak bisa melakukan kegiatan lain karena harus berkonsentrasi menyetir.

Tak jarang banyak pengemudi yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan merokok. Padahal, hal itu tidak baik untuk kesehatan dirinya sendiri dan penumpang yang ada di dalam mobil. Mobil adalah ruangan kecil dan tertutup. Asap rokok bisa menyebar ke seisi mobil dan dihirup oleh penumpang.

“Ada orang yang menghabiskan waktu di dalam mobil sambil merokok. Sebenarnya itu akan mengganggu kesehatan secara langsung. Asap rokok akan membuat kornea mata menjadi kering,” ungkap dokter spesialis keolahragaan, dr Michael Triangto, SpKO saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Kornea mata yang kering bisa mengganggu penglihatan saat menyetir. Gangguan penglihatan ini tentunya membuat risiko kecelakaan menjadi lebih besar karena saat menyetir jadi tidak fokus. Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu terjadi. Untuk itu, Anda harus menghindari merokok saat menyetir.

Namun ternyata, asap rokok bukan hanya membuat kornea mata menjadi kering. Dilansir dari Healthline, Selasa (20/6/2017), asap rokok juga bisa menyebabkan beberapa penyakit mata seperti glukoma, degenerasi makula, dan katarak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini