nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Alasannya Jangan Bawa Stres Pekerjaan ke Rumah

Agregasi Qerja.com, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 21 196 1721800 moms-ini-alasannya-jangan-bawa-stres-pekerjaan-ke-rumah-qDqtLBA5XY.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

STRES memang tidak bisa dihindari bagi setiap pekerja kantoran, namun Anda jangan sering membawanya ke rumah. Untuk itu, solusi berikut ini bisa diterapkan.

Apakah pikiran Anda sering terganggu setelah mengalami hari yang sulit di kantor? Apakah Anda membawa rasa frustasi di tempat kerja ke rumah? Kalau ya, Anda tidak sendiri.

Banyak orangtua yang merasa menyesal karena meneriaki anak-anaknya saat pulang dari kantor. Ada juga orang yang mengaku menghindari pasangannya yang sedang marah-marah karena tekanan pekerjaan.

Para pekerja keras yang merasa tekanan pekerjaan berpengaruh pada hubungan pribadi. Ketegangan yang Anda buat di rumah malah akan membuat semakin stres.

Jika Anda sudah sadar dan merasa bersalah karena membawa pulang pikiran stres ke rumah, maka carilah solusinya. Namun, jalan keluar dari masalah tersebut bukanlah berpindah ke tempat kerja yang tidak terlalu banyak menuntut. Anda hanya perlu mengelola stres lebih baik.

Berikut cara mencegah pikiran frustasi di kantor ke rumah, seperti disarikan dari Psychologytoday.com.

Strategi manajemen stres paling efektif

Berbagai penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengalami penganiayaan di tempat kerja akan melampiaskan amarahnya di rumah. Jika Anda telah dihina, dikritik, atau diremehkan, maka Anda juga akan melakukan hal yang sama kepada orang-orang yang Anda cintai di rumah. Penyebabnya karena pegawai yang tersakiti tersebut mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi. Tapi, setelah mereka melakukan perbuakan buruk kepada orang-orang di rumah, kemudian mereka akan menyesalinya.

Para periset di Universitas Florida menemukan dua hal dapat membantu memperbaiki regulasi diri dan mengurangi stres, tidur dan berolahraga. Menurut peneliti, pegawai yang pulang ke rumah dengan berjalan kaki sebanyak 10.900 langkah setiap hari cenderung tidak bersikap kasar terhadap anggota keluarga bila dibandingkan dengan responden yang hanya berjalan 7.000 langkah. Selain itu, orang yang berhasil membakar 587 kalori sepulang kerja juga tidak akan melakukan ‘hal buruk’ terhadap keluarga. Cara membakar 587 kalori bisa dengan berenang dan berjalan cepat selama 90 menit.

Membuat siklus positif

Tidur cukup dan olahraga akan membantu Anda pulang kerja dalam suasana hati yang lebih baik. Kedua hal tersebut juga menjadi kunci dalam menjalani gaya hidup sehat.

Para peneliti telah menemukan hubungan antara tidur cukup dengan berbagai hal positif seperti peningkatan kreativitas hingga rentang kehidupan yang lebih lama. Anda juga akan memiliki daya konsentrasi dan fokus yang lebih baik. Pada akhirnya kinerja akan meningkat dan mengurangi stres.

Sementara itu olahraga akan meningkatkan energi, membuat Anda lebih bahagia, dan mempertajam ingatan. Olahraga juga membantu Anda tidur lebih nyenyak dan membangun otot.

Jadi, mulai sekarang perhatikan waktu tidur Anda. Istirahatlah dengan cukup.. Kemudian, biasakan diri untuk berolahraga sebelum atau setelah bekerja dan di akhir pekan. Dengan begitu, betapapun besarnya tekanan di kantor tidak akan membuat Anda melampiaskan pada orang-orang yang dicintai. Olahraga dan tidur cukup baik untuk diri Anda dan keluarga. Demikian yang ditulis situs Qerja.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini