nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Kapulaga, Biji-bijian dari Surga untuk Pelezat Makanan, Pembersih Gigi hingga Ramuan Parfum

Santi Andriani, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017 13:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 21 298 1721577 kaya-rempah-kapulaga-biji-bijian-dari-surga-untuk-pelezat-makanan-pembersih-gigi-hingga-ramuan-parfum-Ul7Ox5AItt.jpg Kapulaga rempah-rempah (Foto:Menshealth)

MEMBAHAS soal rempah di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Maka tidak heran Bumi Pertiwi menjadi rebutan berbagai bangsa di dunia karena kekayaan rempah yang tumbuh subur di Tanah Air.

Rempah-rempah menjadi kekuatan cita rasa dari masakan itu sendiri. Kuliner tradisional mengutamakan penggunaan rempah-rempah untuk memberi rasa yang sempurna.

Salah satu jenis rempah yang akan dibahas di sini adalah kapulaga. Jika Anda rajin 'menyantroni' pedagang sayur di sudut kompleks atau lebih jauh ke pasar tradisional dan melihat pada rak bumbu-bumbu dapur ada sebungkus biji-biji kecil berwarna putih, ya Anda sudah menemukan biji-bijian dari surga, kapulaga.

Wikipedia menyebut kapulaga ternyata masih keluarga dari jahe-jahean atau zingiberaceae. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Bangladesh, Bhutan, India dan juga Indonesia.

Biji kapulaga dapat dkenali dari biji polongnya yang kecil, memiliki irisan segitiga. Diselimuti kulit ari bagian dalam adalah berupa biji hitam kecil.

A post shared by budi sutomo (@budiboga) on Jun 12, 2015 at 1:39am PDT


Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu untuk masakan tertentu, misalnya seperti hidangan kari atau gulai.

Ada julukan indah untuk si kecil ini, karena memberikan aroma yang sedap pada masakan, Bangsa Inggris menyebutnya sebagai Grains of Paradise atau biji-bijian dari surga.

Karena memberikan aroma harum, maka orang juga kerap menggunakan kapulaga sebagai tambahan pada adonan kue dan minuman.

 

Apakah Anda juga tahu, bahwa kapulaga atau cardamom adalah satu dari tiga rempah termahal di dunia. Pertama adalah saffron, kedua vanilla dan ketiga adalah kapulaga.

Penggunaan kapulaga pertama kali terekam pada abad ke 4 sebelum Masehi. Dimana Bangsa Mesir menggunakannya untuk memberihkan gigi dan memberikan sensasi kesegaran untuk pernafasan karena rasa dari kapulaga yang manis tapi juga pedas.

Sementara sama seperti di negeri kita, Bangsa Yunani dan Romawi menggunakan kapulaga sebagai bumbu masakan hidangan tradisional dan kue kering.

Namun yang mencengangkan, kapulaga oleh Bangsa Viking di Skandinavia digunakan sebagai campuran ramuan bahan untuk membuat parfum atau wangi-wangian yang lain. Seperti disarikan dari Culinarylore.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini