Mata Sakit Melihat Cahaya Terang, Ini Penyebabnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 21 481 1722012 mata-sakit-melihat-cahaya-terang-ini-penyebabnya-chBbSHpzej.jpg Ilustrasi (Foto: Telegrafi)

BERAKTIVITAS di depan gadget merupakan rutinitas yang banyak dilakukan manusia zaman milenial. Setiap saat sepertinya tidak bisa dilepaskan dari gadget, mulai dari bangun tidur sampai tubuh akan terlelap dalam tidur.

Di balik kebiasaan tersebut mungkin Anda sudah mengetahui akan bahaya radiasi. Itu nyata adanya bila tingkat radiasi yang Anda tangkap sudah terlewat wajar.

Risiko dari masalah tersebut adalah penurunan kesehatan dan fungsi mata. Yang paling mudah dikenali adalah mata menjadi lebih mudah letih dan nyeri berlebihan di bola mata.

Dilansir dari Webaim, ada banyak gejala yang aka Anda rasakan bila mata sudah terkena radiasi dari gadget yang Anda pegang setiap saat. Salah satu yang cukup banyak dirasakan adalah sulitnya melihat warna putih di bawah matahari langsung. Kondisi tersebut terjadi karena fungsi mata yang sudah tidak lagi tajam dan terjadi penurunan kualitas penglihatan di retina Anda.

Hal lain yang bisa mengidentifikasi mata Anda sudah tidak lagi sehat adalah Anda sulit melihat warna merah pada latar berwarna hijau dan warna biru pada latar hitam. Namun, kondisi tersebut juga dikembalikan kepada setiap individunya.

Bila tingkat cemaran radiasi di mata tinggi, maka akan sangat mudah untuk merasa nyeri bila dihadapkan dengan warna-warna tersebut. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer, contrast komputer juga bisa menjadi penyebab mata Anda mudah letih. Hal tersebut tentunya akan mudah bagi virus menyerang.

Namun, ada beberapa tips yang bisa meminimalisir masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan menurunkan contrast layar komputer Anda. Tapi, jangan juga sangat rendah.

Sebab, dengan warna latar yang pudar, mata dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk mencari warna dan bekerja sesuai perintah otak. Jadi, sangat disarankan untuk mencari kadar kecerahan sesuai dengan kenyamanan mata Anda.

Kemudian, untuk meminimalisir ketakutan Anda akan warna putih, Anda bisa melakukan sedikit terapi. Yaitu dengan meletakkan kertas di depan laptop atau komputer Anda. Bila itu dirasa terlalu menyakitkan, tisu bisa menjadi pilihan lain. Dengan adanya warna putih di depan layar komputer Anda, mata akan merangsang untuk beradaptasi dengan situasi demikian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini