nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganti Garam dengan 6 Bumbu Ini agar Tekanan Darah Stabil saat Lebaran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 24 Juni 2017 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 21 481 1722055 ganti-garam-dengan-6-bumbu-ini-agar-tekanan-darah-stabil-saat-lebaran-8FvlDvFGZc.jpg Bawang putih (Foto: Boldsky)

PENDERITA hipertensi tidak bisa asal makan. Salah-salah mengonsumsi makanan, tekanan darah pun langsung naik. Risiko paling bahaya pun mengintai ketika lebaran.

Mengatur menu makanan menjadi hal yang sudah harus dilakukan sedari dini. Hal tersebut perlu diterapkan agar penyakit tidak semakin parah dan risiko bisa ditekan.

Nah, bagi Anda yang memiliki pasangan bertekanan darah tinggi, atau mungkin Anda penderita hipertensi yang gemar masak, Dokter Spesialis Hipertensi dr Yoshihiko Watanabe mengungkapkan, garam menjadi salah satu sumber masalah utama. Mengganti garam dengan bumbu dapur lainnya adalah cara efektif yang bisa dilakukan.

Yoshihiko memaparkan, terdapat bumbu dapur pengganti garam yang bisa ditambahkan ke makanan dan membuat rasa tetap lezat.

1. Sayuran Bumbu

Daun bawang, kemangi, jahe jepang, atau seledri. Bahan-bahan itu memiliki efek obat yang baik untuk tubuh dan khususnya penderita hipertensi

2. Jahe

Bumbu dapur ini bisa ditambahkan ke masakan dan baik untuk kesehatan. Anda bisa menambahkan dengan memarutnya terlebih dulu atau memotong tipis.

3. Bawang Putih

Allicin yang merupakan sumber aroma memiliki efek menjaga kestabilan tekanan darah.

4. Buah Citrus

Jeruk purut, jeruk nipis, lemon, citrus jepang di antaranya. Buah-buah tersebut aroma dan rasanya lezat untuk masakan. Pengolahannya pun bisa dipakai untuk banyak makanan.

5. Lobak Parut

Jika dicampur dengan parutan tomat dan air buah lemon, Anda bisa mendapatkan rasa yang lezat.

6. Wijen

Vitamin E dapat memperlancar sirkulasi darah dan sesamin dapat menurunkan tekanan darah. Wijen memiliki kandungan baik tersebut. Namun, direkomendasikan wijen hitam karena kaya akan antosianin!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini