Ingin Jadi Mak Comblang di Momen Lebaran? Ikuti Aturannya Dulu

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 22 196 1722707 ingin-jadi-mak-comblang-di-momen-lebaran-ikuti-aturannya-dulu-0czrDjBk7X.jpg Ilustrasi Pasangan (Foto: Thelist)

MOMEN Lebaran dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memperkenalkan teman ke seorang teman lainnya. Umumnya hal ini dilakukan untuk membantu teman menemukan jodohnya.

Namun sebelum memperkenalkan teman pada orang yang berpotensi jadi kekasihnya, ketahui dulu aturan dasarnya. Aturan ini sebaiknya Anda patuhi agar usaha menjodohkan teman berjalan lancar.

Simak ulasannya seperti yang dibeberkan oleh CEO website dating online Setipe.com, Razi Thalib di Jakarta beberapa waktu lalu:

Minta izin

Bagaimana pun juga, ini menyangkut masa depan teman Anda. Jadi Anda tidak bisa memutuskannya sendiri. Jangan mengatur rencana sendiri dan terlalu mendadak mengenalkan teman Anda. Tapi bicara padanya lebih dulu dan pastikan dia setuju sebelum Anda bertindak lebih jauh.

Beri tahu rencana Anda

Anda perlu memberi tahu rencana untuk mengenalkannya pada orang lain. Namun Anda juga bisa menggunakan beberapa cara tergantung pada kepribadiannya. "Perhatikan orang ini bisa luwes tidak. Kalau kaku, harus dipersiapkan," jelas Razi.

Fokus pada kesamaan

Saat berencana menjodohkan orang lain, fokuslah pada kesamaannya. Carilah nilai yang sama pada dua orang yang sedang Anda kenalkan.

"Nilai harus sama. Kebiasaan ekstrovert atau introvert, beda juga enggak masalah. Tapi kalau masalah agama, itu valuenya bisa beda. Atau yang satu mau nikah, yang satu main-main dulu," tutur Razi.

Pastikan dia tidak stalking media sosial

Saat menjodohkan teman, jaga agar sebisa mungkin teman Anda tidak mengecek media sosial orang yang akan dikenalkan. Biarkan mereka saling mengenal di pertemuan pertama, bukan dari media sosial yang dapat memberikan informasi yang justru malah membuat seseorang merasa ilfil terlebih dulu.

"Bahaya karena kalau kamu tahu (dari media sosial), enggak ada misteri lagi. Anda bisa memutuskan sesuatu dari informasi yang sangat sederhana. Pergilah berkencan tanpa tahu tentang dirinya dulu," tutup Razi.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini