Share

Uang Lebaran Terbatas tapi Banyak Keponakan Mengantre Angpau? Ingat Ini, Guys!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 22 196 1722893 uang-lebaran-terbatas-tapi-banyak-keponakan-mengantre-angpau-ingat-ini-guys-tqq5AK5KnX.jpg Ilustrasi (Foto: Understood)

LEBARAN tak lepas dari memberi angpao untuk keponakan maupun kerabat yang lebih muda bagi yang sudah bekerja. Namun terkadang terjadi dilema ketika anggaran Lebaran yang dimiliki tak sebanding dengan jumlah keponakan.

Jika Anda merasa malu tak bisa memberi sejumlah angpao kepada keponakan saat Lebaran, singkirkan perasaan malu itu. Psikolog Klinis Tiara Puspita mengatakan, angpao hanyalah bentuk dari perayaan Lebaran, bukan suatu kewajiban.

“Pemberian angpao saat Lebaran sebetulnya bukan dinilai dari nominalnya, tetapi lebih pada kebiasaan dan dilihat sebagai bentuk celebration,” ujar Tiara kepada Okezone melalui pesan elektronik.

Anda bisa menyesuaikan sendiri berapa uang yang bisa Anda berikan untuk para keponakan. Tak harus memberi angpao dengan jumlah yang besar. Jika tak memberikan angpao karena keterbatasan uang pun menurut Tiara bukan sebuah masalah. Karena yang dilihat adalah niat Anda untuk merayakan Lebaran bersama dengan keluarga dan kerabat tanpa harus menyulitkan diri sendiri.

“Pemberian angpao sendiri bukan lah suatu keharusan atau kewajiban, dan lebih pada konteks "berbagi suka cita". Sehingga jangan dilihat sebagai bentuk kewajiban atau paksaan, terutama jika ternyata uang yang kita miliki terbatas,” jelas Tiara.

Senada dengan Tiara, Psikolog Ajeng Raviando juga mengatakan Anda tak harus memberikan uang kepada keponakan. Tetapi jika memungkinkan, belikan saja barang yang sesuai dengan keperluannya.

“Usianya segini mungkin lebih baik dikasih buku atau butuh apa. Bisa tas atau apa yang dia butuhkan tidak apa-apa juga. Bisa saja langsung belikan,” tutup Ajeng saat berbincang dengan Okezone.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini