Moms, Berikan Contoh Ini untuk Ajarkan Nilai Disiplin dalam Beribadah saat Lebaran

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 22 196 1722894 moms-berikan-contoh-ini-untuk-ajarkan-nilai-disiplin-dalam-beribadah-saat-lebaran-LJAwLiEVQ5.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

BANYAK sekali hal yang bisa diajarkan kepada anak saat Lebaran. Hal yang paling utama adalah tentang ibadah itu sendiri.

Mengajarkan tentang nilai ibadah ini bisa dilakukan orangtua dengan contoh yang sederhana. Hal ini dikatakan oleh Psikolog Keluarga Roslina Verauli.

“Perkenalkan tentang nilai keagamaan dengan ibadah secara disiplin dan konsisten kita lakukan. Tapi papa dan mama harus jadi contohnya. Datang salat tepat waktu dan ajari enggak lari-larian,” ujar wanita yang akrab disapa Vera ini kepada Okezone melalui sambungan telefon.

Vera melanjutkan, anak-anak juga perlu diberitahu bahwa dalam salat ada shaf, di mana laki-laki dan perempuan berada dalam barisan terpisah. Sehingga anak-anak tahu di mana mereka harus berada saat melaksanakan salat Ied.

Selain tentang ibadah, pelajaran lain yang bisa Anda berikan kepada si kecil adalah membersihkan sampahnya sendiri. Apalagi jika salat Ied dilakukan di lapangan yang memungkinkan Anda membawa koran sebagai alas sajadah.

“Sisa sampah setelah salat kotorannya kita bersihkan kembali. Jadi Ada banyak nilai-nilai yang bisa diperkenalkan oleh orangtua dengan momen intim pada saat Lebaran,” pungkas Vera.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini