nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meresahkan! Jelang Lebaran Masyarakat Filipina Dihebohkan Nasi dari Beras Plastik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 12:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 22 298 1722668 meresahkan-jelang-lebaran-masyarakat-filipina-dihebohkan-nasi-dari-beras-plastik-tT2IYqTrPp.jpg Masyarakat Filipina dihebohkan beras plastik (Foto:Ilustrasi/Dirtytips)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa nasi menjadi makanan pokok bagi penduduk yang tinggal di kawasan Asia Tenggara. Hidangan ini berasal dari beras yang diolah dengan teknik perebusan hingga teksturnya menjadi empuk dan harum.

Namun sayangnya, beberapa waktu lalu tersiar kabar tidak mengenakkan yang berasal dari Filipina. Media lokal mengabarkan bahwa pihak berwenang telah menemukan produk beras imitasi yang terbuat dari bahan plastik.

 Baca Juga:  5 Cara Kenali Ciri Beras Plastik dan Beras Asli

Kasus ini sebetulnya bukan yang pertama kali terjadi di Asia. Enam tahun lalu, sejumlah negara di Asia Tenggara dihebohkan oleh kemunculan beras imitasi yang berasal dari China.

 

Penemuan tersebut bermula ketika penduduk Filipina memprotes para pejabat negara, karena cita rasa beras yang mereka konsumsi tidak konsisten meski telah diolah secara benar. Bahkan, tak sedikit penduduk yang terserang penyakit setelah mengonsumsi beras tersebut.

Asumsi itu kemudian dibuktikan oleh seorang netizen yang tertarik untuk mengetes kelayakan beras yang telah ia beli. Dalam sebuah video terlihat jelas seorang pria tengah membentuk sebuah bola kecil, yang ternyata terbuat dari gumpalan nasi matang.

Secara tidak langsung, hal ini membuktikan bahwa beras tersebut mengandung plastik yang selama ini banyak orang khawatirkan. Demikian dilansir dari Food Beast, Jumat (23/6/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini