nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Pintu Gerbangnya Rempah Indonesia Ada di Sumatera

Minggu 25 Juni 2017 20:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 22 298 1722948 kaya-rempah-pintu-gerbangnya-rempah-indonesia-ada-di-sumatera-s2ZjH9tgpC.jpg Rempah-rempah Indonesia (Foto:Imjl)

DIBALIK kelezatan kuliner yang dimiliki Tanah Air, Indonesia mempunyai segudang rempah di dunia. Berlimpahnya rempah-rempah di Indonesia, nyatanya berpusat di Sumatera.

"Bicara rempah-rempah, gerbangnya itu ada di Sumatera, terlebih dahulunya pusat perdagangan rempah berada di ranah Sumatera," ucap William Wongso, Praktisi Kuliner Indonesia saat berbincang dengan Okezone.

William pun mengaku pemakaian rempah-rempah yang banyak juga bisa dilihat dengan sajian masakan yang dimiliki di ranah Sumatera. Sebut saja sate Padang, di mana di dalamnya memakai kelebek yang merupakan salah satu jenis rempah-rempah dari India yang tumbuh di daerah Padang Pasir di dekat daratan kering, Rajakstan.

 Baca Juga:  KAYA REMPAH: Kapulaga, Biji-bijian dari Surga untuk Pelezat Makanan, Pembersih Gigi hingga Ramuan Parfum

"Bicara rempah-rempah itu bukan bicara cabai, bawang merah, atau bawang putih tapi ini bicara pala, lada, cengkeh, kayu manis, jinten, kapulaga dan semuanya itu ada di Sumatera," paparnya.

Lalu mengapa gerbang rempah-rempah Indonesia berada di Sumatera bukan di daerah lainnya di Indonesia?

"Bicara rempah atau spices di Internasional, Indonesia merupakan salah satu produsen spice terbanyak di dunia, disini saya melihat kuncinya kemungkinan ada pengaruhnya dalam penggunaan rempah-rempah khususnya di Sumatera, dimana perdagangan tidak di tempat asalnya tapi berada di gerbangnya, yakni ada di pulau Sumatera," bebernya.

Disisi lain, faktor banyaknya rempah di ranah Sumatera tidak terlepas dari hadirnya negara India, Arab yang membawanya ke Sumatera di jaman dahulunya.

"Pada jaman dahulu, ada yang namanya sistem barter dimana para pedagang gujarat membawa sejumlah rempah-rempah ke Sumatera untuk ditanam apalagi kondisi tanah di Sumatera dinilai sangat layak untuk ditanam beberapa jenis rempah-rempah," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini