Coba Perhatikan, Menu Apa yang Tidak Ada di Makan ala Liwetan?

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 22 298 1723040 coba-perhatikan-menu-apa-yang-tidak-ada-di-makan-ala-liwetan-wX9qVBmRRa.jpg Menu liwetan (Foto:Instagram)

 

MENYANTAP makanan ala liwetan memang seru, apalagi dimakannya bersama keluarga atau rekan. Hmm tapi coba deh perhatikan, ada menu yang tak pernah hadir dalam kegiatan makan ala liwetan. Apa itu?

 


Dihubungi via sambungan telepon, pakar kuliner William Wongso mengatakan tradisi liwetan dan semacamnya adalah tradisi turun temurun yang dilakukan sejak zaman nenek moyang. Berbagai menu bisa dijadikan lauk dalam liwetan.

Coba saja sebut menu wajib pada liwetan antara lain ayam goreng, tempe dan tahu, sambal, serta lalapan. Tapi dikatakan Om Will, ada menu yang tak pernah terlihat yakni makanan berkuah banyak.

 


Cara makan yang beralas daun pisang dan diletakkan di lantai yang datar membuat makanan berkuah tidak cocok dijadikan salah satu lauk liwetan. Belum lagi cara makan liwetan menggunakan tangan. Akan sangat sulit makan nasi yang basah karena kuah.

“Aslinya memang makan pakai tangan, tidak ada sendok jadi menu berkuah tidak ada. Kalaupun ada ya paling yang berkuah sedikit atau nyemek,” pungkas Om Will.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini