nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mausoleum Halicarnassus, Makam yang Dibuat Atas Nama Cinta

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 29 Juni 2017 08:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 22 406 1722838 mausoleum-halicarnassus-makam-yang-dibuat-atas-nama-cinta-nChUV6UZHD.jpg Mausoleum Halicarnassus (foto: Panoramio/Google)

ZIARAH merupakan salah satu tradisi yang dilakukan saat menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Tapi, makam yang satu ini dibuat karena rasa cinta pada pasangan yang telah tiada.

Mausoleum Halicarnassus, makam yang dibangun oleh Ratu Artemisia karena kecintaannya pada mendiang suaminya, Raja Mausolus. Makam raja Persia itu dibangun untuk mengenangnya.

Makam yang indah ini memiliki tinggi bangunan hingga 45 meter dan berbentuk seperti kuil khas Yunani. Dongeng-dongeng Yunani menghiasi setiap sisi makam.

(foto: Panoramio/Google)

Sayangnya, cerita cinta antara Raja dan Ratu Persia tidak seindah bangunan makam suaminya, karena sebelum makam rampung pembangunannya, ratu Artemisia wafat setelah dua tahun kematian suaminya. Wafatnya sang ratu karena merasakan sedih yang begitu dalam akibat kehilangan suaminya.

Pemahat yang memahat relief makam pun melanjutkan pembangunan makam setelah kematian ratu untuk menghormati kematian pasangan raja dan ratu tersebut.

Mausoleum terkenal karena keindahannya yang menakjubkan, maka tidak heran jika akhirnya raja Mausolus jadi asal istilah Mausoleum yang artinya makam yang sangat megah. Oleh karena keindahannya, bangunan makam raja Mausolus masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Kini, makam hanya bersisakan puing-puing karena runtuh akibat gempa yang terjadi pada abad ke-13, tapi kisah cinta antara raja dan ratu Persia tetap abadi jadi cerita bagi penduduk lokal yang dibagikan pada wisatawan.

(foto: Panoramio/Google)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini