nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiii...Ini 5 Pasir Pantai Teraneh di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 22:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 22 406 1722907 hiii-ini-5-pasir-pantai-teraneh-di-dunia-1RiLz4JUY1.JPG Pantai Kaihalulu (foto: Instagram/@christinarawl)

KALAU kamu seorang traveller yang sering mengungjungi pantai berpasir putih dan bosan rasanya selalu melihat pasir putih. Agaknya 5 pantai di bawah ini bisa buat kamu tercengang dan melotot karena keanehan yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Jika di Indonesia ada Pink Beach dengan pasir berwarna pinknya alias merah muda, maka enam pantai berikut memiliki pasir yang sangat tidak normal dengan pasir-pasir pantai pada umumnya.

1. Papakolea

Pantai Papakolea pasirnya tidak berwarna cokelat, putih, apalagi pink, tapi berwarna hijau! Uniknya lagi pantai berpasir hijau hanya ada empat di dunia, dan Pantai Papakolea, Hawaii salah satunya. Pasir bisa berwarna hijau karena pengaruh erupsi gunung yang telah terjadi 50 ribu tahun lalu.

It took a 2 hr drive plus a 1 hr hike to get here. It was worth it! #papakoleabeach #greensandbeach #bigisland #hawaii #wtfitsgreensand

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reg Ramos (@reg_the_exqused) pada Mei 25, 2016 pada 7:48 PDT

Wisatawan yang bukan benar-benar pecinta alam sejati tidak disarankan untuk ke Pantai Papakolea, karena membutuhkan perjuangan besar untuk bisa menyentuh dan bermain dengan pasirnya yang hijau. Perjalanan seperti mendaki gunung, tidak ada petunjuk jalan menuju pantai, dan harus bisa berenang dengan mahir juga kalau mau ke pantai ini karena ombak dan arus bawah laut yang sangat besar, harus ditempuh oleh wisatawan.

2. Kaihalulu

Pasir di Pantai Kaihalulu, Hawaii lagi-lagi tidak berwarna normal. Bila Pantai Papakolea berwarna hijau, maka Pantai Kaihalulu berwarna merah. Hal ini terjadi karena fenomena alam berupa batu yang ada di sekitar pantai merupakan material letusan gunung berapi dan kandungan mineral yang juga mempengaruhi warna pasir.

What a sight! #kaihalulubeach #redsandbeach #maui #vaycay

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hayley Rae (@hayleyraephoto) pada Okt 28, 2015 pada 12:32 PDT

Arus Pantai Kaihalulu cukup bersahabat berbeda dengan Pantai Papakolea yang berombak ganas dan berarus buas. Perairan Pantai Kaihalulu cukup aman untuk snorkeling dan berenang. Tapi, disarankan untuk mengenakan alas kaki, agar kaki lebih aman saat menginjak dasar laut.

3. Henderson Island

Jika biasanya pantai atau pulau yang tidak berpenghuni merupakan pantai atau pulau yang indah dan masih sangat alami, berbeda dengan Henderson Island.

Pulau yang berada di daerah terpencil dan tidak berpenghuni tersebut justru sangat kotor dan jadi pulau terpolusi di dunia dengan jutaan sampah plastik yang menumpuk di pesisirnya. Setiap harinya, sebanyak 4 ribu sampah datang ke pantai tersebut.

4. Glass Beach

Sebenarnya, pasir pantai yang berada di California ini berupa pecahan-pecahan kaca yang tidak secara alami terbentuk. Tapi, berawal dari peristiwa gempa bumi yang terjadi di San Fransisco pada 1906.

#glassbeach #kauai #perspective #treasure #livelaughlove

Sebuah kiriman dibagikan oleh @piecing_together_paradise pada Jun 21, 2017 pada 9:49 PDT

Penduduk di Fort Bragg mengalami kerusakan rumah, mereka mencoba untuk membakar puing-puing sisa rumah agar bisa berkurang jumlahnya, tapi tidak ada hasilnya. Akhirnya, puing-puing itu mereka buang ke laut.

Namun, sayangnya sampah-sampah itu tidak terbawa arus laut atau ombak, hanya berserakan saja di pesisir pantai dan tidak kemana-mana. Akhirnya, pemerintah memutuskan untuk membersihkan sampah-sampah puing dan lainnya, kecuali sampah kaca yang dibiarkan. Hingga perlahan pecahan-pecahan kaca itu berubah menjadi kecil dan semakin kecil hingga bersatu dan bercampur dengan pasir.

5. Hot Water Beach

Pantai yang terdapat di Selandia Baru ini juga bisa dibilang unik, karena ada sungai bawah tanah yang mengalirkan air hangat.

Sayangnya, aliran air hangat tersebut hanya muncul dua jam sebelum dan sesudah air surut. Ketika menjelang jam-jam air surut, pengunjung banyak yang membuat lubang di pasir pantai, yang digunakan sebagai spa alami.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini