nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati! Pompa Bensin Bisa Tularkan HIV

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 22 481 1722824 hati-hati-pompa-bensin-bisa-tularkan-hiv-neKyB2Xofa.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

PENYEBARAN virus HIV/AIDS semakin tidak terduga. Baru-baru ini seorang warga California mengalami sakit dan diduga mengidap HIV/AIDS setelah melakukan perjalanan dinas.

Di awal Mei, Jose Medina yang bekerja di kawasan Moreno Valley, California pergi untuk mengisi bahan bakar kendaraannya di sebuah pompa bensin. Saat sedang mengisi bensin, tangan Jose terluka karena terkena potongan jarum suntik yang berada di nosel. Sekadar informasi, di luar negeri pengendara mengisi sendiri bahan bakar ke kendaraannya tanpa bantuan petugas.

Tak lama berselang, Jose jatuh sakit. Diduga dia jatuh sakit karena terinfeksi virus HIV/AIDS yang berasal dari jarum suntik. Putri Jose, Jacqueline kemudian membagikan cerita mengenai ayahnya dan membuat heboh. Sejumlah warga California ada yang menyudutkan Jacqueline karena dianggap telah menyebarkan informasi bohong sebab cerita kejadiannya sangat mirip dengan tipuan email di tahun 2000.

Namun, apa yang diceritakan Jacqueline nampaknya benar terjadi. Sebuah akun Facebook milik Dylan Yasar mengupload foto yang menunjukkan adanya jarum suntik di nosel. Dylan meminta agar warga lebih berhati-hati dan mengecek nosel sebelum mengisi bahan bakar.

Terlepas dari benar atau tidaknya kejadian itu, Snopes dan Hoax Slayer telah memperingatkan warga California agar tidak terlalu panik. Karena takutnya ada oknum-oknum yang bermaksud menciptakan kepanikan massal.

Selain di California, di Melbourne, Australia juga sempat terdapat sebaran informasi mengenai penyebaran virus HIV/AIDS melalui jarum suntik di kursi bioskop yang membuat heboh.

Satu hal yang perlu diingat adalah, ada kalanya jarum suntik sengaja di tempatkan di satu tempat untuk mencelakai orang lain dan menyebabkan luka. Hal yang perlu dilakukan hanyalah berhati-hati.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini