Pakai Tabir Surya untuk Wajah? Jangan Lebih dari SPF 30!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 26 Juni 2017 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 194 1723184 pakai-tabir-surya-untuk-wajah-jangan-lebih-dari-spf-30-iqiXfxKZbH.jpg Ilustrasi krim tabir surya (Foto: Landofrock)

RASANYA semua orang pasti sudah mengetahui dengan jelas, bahwa paparan sinar matahari dapat memberikan dampak buruk. Salah satunya bagi kesehatan kulit wajah.

Salah satu cara untuk memberikan proteksi efisien terhadap kulit wajah, dari dampak buruk yang ditimbulkan dari seringnya kulit wajah terpapar terik sinar matahari ialah dengan SPF yang biasanya terdapat pada krim sunscreen atau sunblock.

Jika selama ini, kebanyakan orang awam menganggap bahwa semakin tinggi kandungan SPF dalam suatu produk sunscreen, maka semakin baik pula proteksi yang akan diberikan terhadap kulit wajah.

Well, tahukah bahwa kadar standar pemakaian SPF untuk kulit wajah tidak diperlukan kadar yang sangat tinggi? Seperti yang dijelaskan oleh Dr.Edwin Tanihaha, Spkk selaku dermatologis dari RS.Siloam, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

"Pemakaian SPF untuk di wajah itu, dalam pemakaian sehari-hari sebenarnya cukup di level 15-30 saja. Sedangkan untuk pemakaian kulit tubuh, barulah harus dengan kadar 30-50. Itu saja sudah oke banget kok," ujar Dr.Edwin Tanihaha, Spkk kala ditemui Okezone baru-baru ini di Jakarta Pusat.

Pria berkulit putih satu ini menambahkan, jika pemakaian kadar SPF di wajah terlalu berlebihan. Maka ada risiko tidak menyenangkan lainnya lagi yang bisa timbul.

"Kenapa SPF di wajah itu sudah cukup di titik kadar 15-30? Karena jika levelnya lebih dari itu, ada kecenderungan malah akan membuat kulit wajah menjadi berminyak. Sehingga lebih berisiko tinggi memicu hadirnya jerawat," imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini