nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Borong Lemang, Oleh-Oleh Mudik Khas Lahat, Yuk!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 10:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 23 298 1723528 borong-lemang-oleh-oleh-mudik-khas-lahat-yuk-72M1KpPFMp.jpg Lemang Khas Lahat (foto: Koleksi Pribadi Bupati Lahat Aswari Rivai)

MUDIK tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk para sanak saudara. Setiap daerah biasanya memiliki buah tangan khas yang jadi ciri dari daerah tersebut.

Bagi mudikers yang melintasi kawasan Kabupaten Lahat, jangan lupa untuk membeli cemilannya yang khas. Daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai tersebut juga memiliki salah satu cemilan yang wajib dibawa pulang untuk keluarga di rumah.

Ya, lemang namanya. Bagi Anda yang asli tinggal di Pulau Sumatera, mungkin sudah tak asing lagi dengan cemilan tradisional yang satu ini.

Terbuat dari beras ketan dan santan kelapa, lemang dimasak dengan dibakar setelah sebelumnya dimasukan dalam sebatang bambu. Lemang dimasak hingga bambu yang menjadi wadahnya terlihat berubah warna dan tercium aroma wangi yang khas.

Rasa lemang hampir mirip dengan kue lopis yang juga terbuat dari campuran beras ketan dan santan kelapa. Tapi, kue lopis tidak dibakar dan dimasukan dalam bambu, kue berwarna hijau itu justru hanya dibungkus daun kelapa dan di kukus. Jika Anda berkunjung ke Lahat pada Ramadan seperti sekarang, sangatlah mudah untuk menemukan penjaja lemang khas Lahat.

Biasanya lemang dijajakan lemang di pinggir-pinggir jalan. Penjual akan berjualan di sepanjang jalan. Anda tinggal memilih penjual mana yang akan Anda beli lemangnya. Cukup merogoh kocek mulai Rp7.000 hingga Rp9.000 Anda sudah bisa menyantap lemang yang rasanya mantap. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

A post shared by Ishak Ismail (@sohoque) on Jun 22, 2017 at 9:03pm PDT

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini