Tubuh Tetap Fit saat Terjebak Macet? Lakukan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 481 1723120 tubuh-tetap-fit-saat-terjebak-macet-lakukan-ini-KkRefbM0eA.jpg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

MACET adalah hal yang tidak bisa dihindari ketika mudik atau pun saat arus balik. Hal itu terjadi karena banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk ke kampung halaman. Sehingga terjadi lonjakan kendaraan yang mengakibatkan jalanan menjadi padat.

Tak jarang macet yang harus dihadapi lebih dari tiga jam. Agar tubuh tetap fit saat terjebak macet, Anda bisa melakukan beberapa tips yang diberikan oleh dokter spesialis gizi klinik, dr Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK yaitu;

1. Membawa bekal makanan dan minuman

Tubuh Anda harus tetap terisi makanan bernutrisi selama dalam perjalanan. Terlebih jika terjebak macet rencana Anda untuk makan bisa berubah. Jika terjebak macet di jalan umum mungkin Anda dan keluarga bisa menepi sebentar untuk makan. Namun apa jadinya jika Anda terjebak di jalan tol yang jauh dari mana-mana?

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa menyiapkan bekal makanan dan minuman. Bawalah makanan yang tahan lama dan lebih banyak agar saat terjebak macet makanan bisa tetap bisa disantap. Jangan lupa membawa air minum yang banyak, usahakan air putih, untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan membawa bekal makanan dan minuman, kebutuhan nutrien tubuh tetap terpenuhi.

2. Luangkan waktu untuk peregangan

Duduk berjam-jam karena macet tentu membuat tubuh Anda pegal-pegal. Jangan biarkan hal ini berlangsung terlalu lama. Anda bisa melakukan peregangan dengan menggerakkan tubuh ke kanan dan kiri. Atau bahkan jika perlu, Anda bisa melakukan peregangan ke luar kendaraan agar tubuh bisa lebih bebas bergerak. Jika memungkinkan, mampirlah sebentar ke tempat peristirahatan yang telah disediakan untuk mengistirahatkan badan yang letih karena terjebak macet. Dengan begitu tubuh Anda akan kembali terisi energi.

Sementara itu, menurut ahli gizi lainnya, dr Laila Hayati, Sp.GK, saat terjebak macet Anda juga harus perbanyak minum air putih dan isi waktu macet dengan memakan buah. Jika Anda membawa bekal makanan, usahakan jangan membawa makanan yang berlemak tinggi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini