Tips Mencegah Lonjakan Kolesterol saat Pulang Kampung

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 481 1723141 tips-mencegah-lonjakan-kolesterol-saat-pulang-kampung-9yoKTCeMI6.jpg Ilustrasi (Foto: Star2)

DI kampung halaman, salah satu hal yang paling dirindukan adalah makanam khasnya. Tapi waspadai dengan lonjakan kolesterolnya yang memicu banyak penyakit.

Seperti saat mudik ke Kota Makkasar, di sana banyak tersedia kuliner coto yang berbahan daging dan jeroan. Anda harus bisa mengontrolnya supaya tak membahayakan diri.

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas 1 Makassar dr Darmawali Handoko MEpid membeberkan tips mudik ke kampung halaman tanpa gangguan kolesterol. Berikut ulasannya, yang dirangkum Okezone:

Batasi makanan berlemak

Daging sapi banyak mengandung lemak jahat yang memicu peningkatan kolesterol. Anda harus mencegah masalah itu muncul. Batasi makan daging, jangan lupa sertakan buah dan sayuran. Lalu perbanyak minum air putih untuk menangkal radikal bebas.

Makan buah dan sayur

Di tengah makan aneka daging-dagingan jangan lupa sayurnya. Sayuran hijau kaya serat dan menangkal radikal bebas. Atau Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan sebagai dessert sehat setelah makan.

Aktivitas fisik

Untuk mengontrol kebiasaan makan, Anda juga harus beraktivitas fisik. Jangan lupa olahraga minimal 30 menit, atau terbiasa membersihkan rumah, jalan kaki setiap akan bepergian dekat, serta kegiatan lainnya yang membakar kalori.

Kontrol kolesterol mandiri

Anda juga dapat melakukan kontrol kolesterol saat sulit menahan godaan makan kuliner serba daging di kampung halaman. Anda bisa melakukan sendiri atau pergi ke klinik terdekat untuk mencegah lonjakan kolesterol.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini