nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muffin, Cemilan Lebaran Penurun Kolesterol

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 26 Juni 2017 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 23 481 1723174 muffin-cemilan-lebaran-penurun-kolesterol-5dPwgHE7LG.jpeg Muffin penurun kolesterol (Foto: Taste)

PENDERITA kolesterol tinggi cukup selektif memilih makanan. Mereka tidak bisa sembarang makanan dan minum apa yang mereka mau, terutama Lebaran.

Bukan hanya itu, takarannya pun menjadi hal penting lain yang perlu diperhatikan. Saat Lebaran, biasanya Anda memiliki hasrat tinggi untuk menjajal makanan yang ada di rumah maupun kediaman saudara atau kerabat dekat. Tak jarang, saudara pun mengajak untuk menyicipi makanan berat khas rumahnya untuk sekadar menghormati perjamuannya.

Dilansir dari Belmarrahealth, saat ebaran Anda bisa menambahkan menu muffin blueberry sebagai cemilan sehat di rumah. Belum lama ini, seorang ilmuwan dari Universitas of Queensland, Australia, Nima Gunnes, menemukan kandungan baik di dalam sebuah muffin blueberry. Khususnya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Muffin blueberry diyakini rendah lemak dan mengandung beta-glucans, sejenis serat larut yang banyak ditemukan di dinding sel gandumn sereal. Serat itu dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa beta glucans tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah dengan memperlambat penyerapan lemak.

Kemudian, terkait dengan muffin itu sendiri, dalam satu mangkok muffin, terkandung tiga gram beta glucans yang dapat menjaga gigi Anda dan kesehatan hati tetap terjaga. Namun, Gunnes menyatakan Anda tidak bisa mengganti obat Anda dengan hanya mengonsumsi muffin. Muffin dikonsumsi hanya sekadar tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

Olahraga yang teratur dan selalu menjaga pola makan lainnya juga menjadi cara pencegahan yang tepat. Berhenti merokok dan perbanyak mengonsumsi serat juga perlu ditambahkan ke dalam list pencegahan kolesterol jahat menumpuk di tubuh!

Jadi, bila Anda ingin menciptakan suasana Lebaran yang sehat, kehadiran muffin blueberry bisa menjadi jawabannya. Berikan kpeda sanak saudara atau kerabat tersayang Anda agar mereka bisa tetap sehat dan silaturhami tetap bisa berjalan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini