nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Berhubungan Seks Bikin Pasutri Lebih Bahagia?

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 01:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 23 481 1723436 rajin-berhubungan-seks-bikin-pasutri-lebih-bahagia-Q2QBIz7qno.jpg Ilustrasi (Foto: Dailystar)

TAHUKAH Anda, ternyata hubungan seks dan kesehatan saling berkaitan? Sebuah penelitian mengungkapkan, dengan berhubungan seks lingkar pinggang menjadi lebih kecil, jantung lebih kuat, serta risiko kanker prostat dan payudara menjadi lebih rendah. Hubungan seks juga membawa keuntungan pada kesehatan mental karena membuat tingkat depresi menjadi lebih rendah.

Menurut data acara Twenge, rata-rata orang dewasa menikmati seks sebanyak 54 kali dalam setahun atau paling sedikit satu kali seminggu, seperti yang dilansir dari Time. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Amy Muise, asisten professor psikologi di York University, Kanada, berhubungan seks minimal satu kali seminggu bisa memaksimalkan kebahagiaan.

Muise dan tim studinya menemukan, pasangan yang lebih banyak berhubungan seks cenderung mengalami kesejahteraan lebih baik. “Seks dikaitkan dengan perasaan lebih puas dalam suatu hubungan,” kata Muise.

Tapi di luar itu, manfaat seks untuk kesehatan nampaknya meningkat. Tentu saja, sulit untuk menunjukkan keterkaitan antara hubungan seks dan kesehatan. Walaupun lebih banyak berhubungan seks banyak bisa membuat gaya hidup lebih sehat dan bahagia, bukan berarti hal itu harus dipaksakan. Anda tetap perlu melakukan hubungan seks yang sehat. Sebuah penelitian di tahun 2015 dari Carnegie Mellon University mengungkapkan bahwa pasangan yang mencoba melakukan hubungan seks lebih banyak tidak bahagia.

“Menginstruksikan pasangan untuk melipatgandakan frekuensi berhubungan seks menjadikan seakan-akan ini adalah tugas bagi mereka,” ujar Muise. Penelitian juga dilakukan oleh ilmuwan ekonomi dan psikologi, George Loewenstein. “Mungkin saja pasangan sudah memaksimalkan hubungan seks dan kesejahteraan. Saya masih berpikir bahwa pasangan yang ingin lebih banyak melakukan hubungan seks mendapat sedikit dorongan dari luar,” kata Loewenstein.

Walaupun Anda dan pasangan telah lama bersama, kehadiran orang lain yang bisa saja tidak mengenakan pakaian menjadi menarik atau membangkitkan semangat. Hal itulah yang harus Anda antisipasi agar hubungan seks yang Anda lakukan bersama pasangan tetap menyenangkan. “Mungkin dibutuhkan sedikit usaha untuk menyalakan api di dalam diri Anda dan pasangan,” pungkas Loewenstein.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini