Mencegah Kambuhnya Serangan Jantung di Kampung Halaman

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 481 1723525 mencegah-kambuhnya-serangan-jantung-di-kampung-halaman-bOHKtVkH2S.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

KETIKA Hari Raya Idul Fitri momennya untuk berkumpul dengan keluarga besar. Khusus penderita penyakit jantung, Anda harus mengontrol diri, mulai dari menjaga pola makan dan mencegah stres.

Banyak sekali faktor yang memicu serangan jantung Anda kambuh. Apalagi ketika kondisi badan sedang tidak fit dan banyak gangguan lainnya.

Saat berbincang dengan Okezone, Spesialis Jantung dr Antono Sutandar SpJP(K) dari Siloam Hospital Kebon Jeruk berbagi tips yang dapat mencegah Anda serangan jantung. Simak rangkumannya berikut ini yuk!

Hindari stres

Stres merupakan pemicu terbesar terjadinya kekambuhan serangan jantung. Karena itu, Anda harus mengontrol dan mencegahnya. Bawa rileks saat berada di kampung halaman. Jangan memikirkan suatu hal yang membuat pikiran Anda kalut saat itu.

Cegah pemicu adrenalin

Ketika adrenalin terpacu, kerja jantung Anda lebih keras. Karenanya, cegah diri sendiri agar tidak mengalami peningkatan adrenalin. Tahan amarah Anda dan emosional diri untuk meminimalisir terpacunya adrenalin Anda.

Jaga pola makan

Selama Lebaran jaga benar-benar pola makan Anda. Jangan terlalu berlebihan konsumsi makanan bersantan dan aneka daging-dagingan. Lebih baik Anda banyak konsumsi buah dan sayuran segar kaya antioksidan.

Istirahat cukup

Saat berada di kampung halaman Anda pasti banyak aktivitas, yaitu berkunjung ke rumah saudara atau malah menerima banyak tamu. Kontrol diri saat beraktivitas, jangan paksakan bila terasa lelah ya!

Minum obat-obatan

Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan khusus penyakit jantung. Jangan terlambat minum karena bisa merugikan diri Anda. Biasanya dokter akan meresepkan Anda obat pengencer darah untuk mencegah serangan jantung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini