4 Tips Tetap Sehat Selama Libur Lebaran yang Menyenangkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 481 1723722 4-tips-tetap-sehat-selama-libur-lebaran-yang-menyenangkan-JfNIEd4tXG.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

BEBERAPA persiapan liburan mungkin sudah Anda lakukan sejak jauh hari. Tapi, mungkin Anda lupa mempersiapkan diri mengisi libur panjang.

Menyiapkan kesehatan tubuh saat berlibur menjadi hal yang penting. Sebab, bila tubuh Anda sakit, liburan itu bisa saja sia-sia, karena harus berbaring lemas di atas kasur seharian. Tidak mau itu terjadi, dilansir dari Management Today, berikut 4 tips menjaga agar tubuh Anda tetap sehat saat libur lebaran yang menyenangkan:

1. Dapatkan kualitas tidur yang baik

Lama waktu tidur menjadi hal penting pertama karena dengan tidur yang berkualitas, tubuh pun akan menjadi sehat dengan sendirinya. Sistem imun terjaga, aliran darah lancar, dan tubuh pun lebih segar. Disaranakn oleh dokter, tidur dengan suhu ruangan 21 derajat selsiun baik untuk tubuh Anda. Terkait dengan lamanya waktu tidur, enam sampai tujuh jam adalah waktu yang baik untuk me-recharge tubuh Anda.

2. Konsumsi makanan kaya gizi

Mulai sekarang, Anda bisa membiasakan diri untuk mengonsumsi lemak dan protrein yang berkualitas seperti kacang, ikan berminyak, bayam, atau telur. Pola makan yang benar juga perlu diperhatikan. Misalnya dengan tidak makan besar saat makan siang. Sebab, hal tersebut akan membuat tubuh Anda lemas. Anda yang memiliki ketertarikan lebih dengan minuman berkafein, cobalah untuk sedikit mengurangi. Itu juga diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Berolahraga

Olahraga mampu memompa darah Anda juga membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Anda bisa mulai menyusun jadwal untuk setiap malam setelah sibuk bekerja untuk sekadar satu sampai satu setengah jam berolah raga di pusat kebugaran. Hal tersebut juga baik untuk memberikan energi positif ke hidup Anda.

4. Berjiwa Positif

Dalam bekerja, ada saja hal yang pastinya membuat Anda stres. Sebisa mungkin, hal tersebut harus Anda singkirkan sebelum nantinya malah mengganggu rencana mudik atau liburan Anda. Berjiwa positif juga berarti Anda meningkatkan energy dalam tubuh. Jadi, sebelum waktu libur itu tiba, selesaikan masalah personal yang mungkin Anda miliki, agar diri Anda sehat lahir dan batin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini