Libur Lebaran Kolesterol Terjaga, Rutin Konsumsi 9 Makanan Ini!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 481 1723733 libur-lebaran-kolesterol-terjaga-rutin-konsumsi-9-makanan-ini-sXKs04kRrQ.jpg Ilustrasi (Foto: Bfeedme)

KOLESTEROL jahat bisa datang karena pola makan yang tidak terjaga. Karbohidrat yang tinggi ditambah dengan protein hewati yang banyak dikonsumsi saat lebaran, kadang membuat tekanan darah Anda melonjak. Maka dari itu, mengontrol apa yang Anda konsumsi menjadi salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat.

Setelah lebaran, ada baiknya Anda memulai hidup yang lebih sehat. Selain karena tubuh telah dibersihkan sepanjang Ramadan, dengan membiasakan diri dengan makana sehat, menjadi resolusi baik setelah Hari Raya berlangsung. Bagaimana memulainya?

Dilansir dari AOL, mungkin Anda bisa mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi 9 jenis makanan ini. Disarankan juga untuk berolahraga secara rutin minimal 15 menit per hari agar aliran darah tetap lancar.

1. Oats

Jenis makanan ini merupakan makana n yang mudah ditemukan. Bisa dikonsumsi saat sarapan ataupun waktu ngemil di jam menuju makan siang. Di dalam oats, terkandung serat larut beta-glukan yang baik. Kandungan itu dipercaya mampu mengikat kolesterol jahat, mencegahnya diserap tubuh.

2. Pearl barley

Makanan ini salah satu jenis gandum yang sehat. Di makanan ini juga terkandung serat larut beta-glukan. Bila Anda rutin mengonsumsi ini, kesehatan jantung pun bisa terjaga.

3. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang panggang, buncis, kacang polong atau kacang lentil menjadi pilihan lain yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga tekanan darah. Kacang terbukti bisa mengepal kelebihan kolesterol di dalam tubuh dan bisa menurunkan kadar LDL Anda.

4. Stroberi

Buah merah dengan rasa sedikit asam ini pun ternyata baik untuk menjaga kolesterol baik Anda. Mengonsumsi stroberi secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak darah berbahaya.

5. Kedelai

Susu kedelai menjadi pilihan yang cocok untuk menemani sarapan Anda. Mengganti kopi atau teh dengan susu kedelai mampu menurunkan LDL sebanyak 6 persen. Risiko penyakit jantung pun bisa Anda minimalisir.

6. Ikan berminyak

Salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 sehat yang baik untuk jantung. Tak hanya itu, ikan jenis itu juga mampu menurunkan trigliserida dalam aliran darah. Dengan makan ikan dua atau tiga kali dalam seminggu, Anda akan mengurangi jumlah lemak jenuh dalam tubuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung. Serat larut dan sterol tumbuhan yang dikandungnya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Mengonsumsi kacang almond cukup disarankan, lho.

8. Buah

Mungkin saran ini cukup sering Anda dengar. Tapi, mengonsumsi buah secara rutin, seperti buah persik, pir, apel, plum, atau jeruk, membantu menormalkan kadar lipid darah dan memgikat kelebihan kolesterol.

9. Alpukat

Anda yang rajin mengonsumsi alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat secara total. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang bersahabat dengan hati, sehingga kolesterol bisa terjaga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini