nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siasati Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran dengan Cara Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 04:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 23 481 1723818 siasati-kenaikan-berat-badan-setelah-lebaran-dengan-cara-ini-ej0zdehzdk.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

BERAT badan Anda naik setelah Lebaran? Kemungkinan besar itu terjadi karena Anda tidak mengendalikan diri Anda. Anda tergiur untuk memakan segala jenis makanan dan kue khas Lebaran yang disajikan oleh sanak saudara atau kerabat ketika datang berkunjung.

Nah, untuk mengembalikan berat badan Anda seperti semula, Anda harus segera kembali ke pola hidup sehat. Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah berolahraga. Menurut dokter spesialis keolahragaan, dr Michael Triangto, SpOK, olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan hanyalah olahraga kardio.

“Olahraga seperti angkat beban malah membuat berat badan bertambah naik karena membesarkan otot,” ujarnya ketika ditemui oleh Okezone beberapa waktu lalu.

Olahraga kardio ini cukup mudah. Kardio adalah jenis olahraga aerobik, gerakannya berulang-ulang, `intensitasnya tidak berat, dan dilakukan dalam waktu cukup banyak. Setlah Lebaran, lakukan olahraga ini secara bertahap. Mulailah dengan jalan cepat selama setengah jam.

Bagi Anda yang bekerja atau aktivitasnya padat dan merasa tidak ada waktu untuk erolahraga, Anda bisa berolahraga menggunakan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Metode ini banyak digunakan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan secara cepat. Caranya sendiri cukup mudah karena lebih sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh, Anda bisa berjalan cepat selama 2,5 menit lalu kemudian tiba-tiba lari selama setengah menit. Lakukan berulang-ulang selama setengah jam. Hal ini bisa juga dilakukan ketika Anda berangkat kerja ke kantor. Anda bisa melakukannya ketika menuju halte tempat menunggu bus atau ketika hendak memanggil teman yang ada jauh di depan.

Mengapa lari yang dibutuhkan cepat hanya setengah menit? Hal itu dikarenakan kemampuan tubuh Anda. Jika Anda memforsirnya menjadi lebih lama, Anda akan cepat merasa lelah. Gunakan waktu 2,5 menit untuk mengambil nafas secara normal lagi untuk memulai lari kembali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini