nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Mencuci Kaftan Kesayangan Berbahan Sifon

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 13:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 24 194 1723910 trik-mencuci-kaftan-kesayangan-berbahan-sifon-GMjQLoz0SO.jpg Kain kaftan (Foto: Okezone)

KAFTAN atau busana muslim berbahan sifon memang masih menjadi favorit para kaum wanita untuk merayakan Lebaran. Hal ini tentu tak terlepas dari materialnya yang ringan dan tidak bikin gerah saat dikenakan.

Kendati demikian, soal trik membersihkan atau mencuci, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak rusak. Berikut ulasannya seperti dilansir Etcfblog.

Ketahui jenis sifon terlebih dulu

Material sifon hadir dengan beragam jenis, mulai dari silk sifon, polyester, dan rayon crepe. Material silk adalah bahan sifon yang paling halus dan ringan. Serupa dengan bahan polyester, hanya sifon silk lebih mudah rusak jika tidak dicuci dengan tangan.

Sementara, material rayon crepe atau dikenal pula dengan sutra buatan, lebih halus namun bila salah dalam proses pencucian bisa membuat bahannya jadi mengecil. Karena itu, penting mengetahui perbedaan material sifon agar membantu Anda memilih temperatur air dan perawatan yang tepat.

Perhatikan instruksi mencuci

Ya, lazimnya dalam setiap pakaian akan terdapat instruksi mencuci busana sifon Anda. Perhatiakn dengan seksama cara pencucian hingga pengeringan busana agar tidak membuatnya luntur dan rusak.

Cuci dengan tangan

Cara terbaik dalam mencuci kaftan adalah menggunakan tangan dan tidak dengan mesin cuci. Terutama untuk jenis kaftan dengan detail payet. Pasalnya ini akan membuat payet rusak dan berubah bentuk

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini