nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FOOD STORY: Pindang Ikan, Kuliner Khas Lahat yang Sedap

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 13:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 24 298 1724064 food-story-pindang-ikan-kuliner-khas-lahat-yang-sedap-HBNrvDulYy.JPG Ilustrasi Pindang Ikan Patin (foto: Instagram/@ina_sugiarti)

SETIAP daerah di Indonesia memiliki santapan yang berbeda untuk dihidangkan. Kabupaten Lahat yang dijuluki Bumi Seganti Setungguan pun memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang unik.

Di daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai ini ada masakan yang juga cocok disajikan saat Hari Lebaran tiba. Memiliki seribu air terjun yang dalam bahasa daerahnya curup, Lahat juga dilintasi oleh sungai yang deras, salah satunya Sungai Lematang.

Serelo hill and Lematang river Location : Sukacinta Village, Merapi Barat, Lahat, South Sumatera,Indonesia. Selamat siang gaes! Pesona Serelo tak ada habisnya. Betewe, liburan kali ini di Lahat pengen kemana aja nih? Kuy ajak temen, rencanain dari skrg. Tag kawan2 kamu! Photo by @syakirinsyaky - Selamat Pagi Seganti Setungguan . . --------------- Loc : Sungai Lematang, Desa Sukacinta, Merapi Barat, Kab.Lahat Background : Bukit Jempol --------------- #explorelahat #lahatupdate #lahaticon #lahat_terkini #insidelahat #exploresumsel #lahat #sumsel #lahatterkini #sumsel #weliketotravel #southsumatra #lovinglivinglife #bgkeceplg #sumatera #explorepalembang #exploresumsel #bgplgkece #wanderlust #liveauthentic #vsco #exploreindonesia #southsumatera#palembang #indonesia

A post shared by EXPLORELAHATâ„¢, South Sumatera (@explorelahat) on Jun 16, 2017 at 9:26pm PDT

Di dalam sungai-sungai yang terdapat di Lahat, ada potensi alam yang kaya dan bermanfaat, yaitu ikan sungai. Ikan-ikan sungai banyak dijadikan olahan makanan daerah oleh para masyarakat asli Lahat.

Ikan seperti patin, nila dan baung, diolah jadi masakan gulai, pindang atau bakar ala Kabupaten Lahat. Olahan ikan tersebut, memiliki cita rasa yang khas daerah tempatnya berasal. Olahan pindang ikan baung misalnya, masakan ini memiliki rasa yang gurih, lezat dan khas akan rasa rempahnya yang sangat terasa.

Tekstur ikan sungai yang hanya ditemukan di Lahat tersebut juga dagingnya lembut, tebal tanpa duri-duri halus, dan ikan baung juga memiliki protein hewani, low fat dan kaya omega 3.

Ikan baung dapat ditemui dengan mudah di sungai-sungai yang ada di Lahat. Penasaran dengan rasanya? Segeralah bertandang ke negeri yang juga memiliki sejuta situs megalit ini dan eksplor kulinernya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini