Jangan Langsung Olahraga Berat Usai Lebaran, Begini Tipsnya!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 481 1723830 jangan-langsung-olahraga-berat-usai-lebaran-begini-tipsnya-MLn8NbrTD5.jpg Ilustrasi (Fasworkout)

SETELAH berpuasa sebulan penuh, biasanya tubuh akan mulai menyesuaikan diri lagi. Hal ini dikarenakan pola hidup kembali berubah. Jika selama berpuasa Anda memutuskan untuk mengurangi aktivitas fisik, setelah Lebaran, Anda harus mulai rajin berolahraga kembali. Terlebih mungkin Anda tidak memperhatikan asupan makanan saat Lebaran.

Asupan makanan yang tidak terkontrol dapat membuat berat badan bertambah.Jika sudah begitu risiko terkena penyakit, seperti kolesterol tinggi dan hipertensi semakin besar. Namun, Anda juga tidak bisa langsung berolahraga yang berat.

Menurut dokter spesialis bedah ortopedi, cedera olahraga, dan artroskopi, dr I Gusti Made FebrySiswanto, MD, untuk menjaga kesehatan setelah Lebaran, Anda bisa mulai dari olahraga yang ringan. “Hal ini disebabkan karena selama puasa asupan makanan dan kalori berkurang,” jelas dr Febry.

Olahraga dengan intensitas ringan yang bisa Anda lakukan adalah jogging atau work out. Ada baiknya Anda berolahraga secararutin 3-5 hari per minggu. Waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga idealnya adalah 30 menit.

Setelah tubuh sudah mulai terbiasa dengan olahraga, Anda bisa meningkatkan intensitas latihan menjadi sedang atau tinggi. Tapi, Anda harus melakukan peningkatan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

Tubuh memang memerlukan aktivitas fisik agar tetap sehat. Olahraga telah terbukti bisa mencegah berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Banyak orang yang sudah mendapatkan manfaat dari olahraga. Namun, tidak cukup hanya dengan olahraga, Anda juga tetap harus memperhatikan nutrisi makanan.

Saat puasa, cenderung orang menjaga pola makannya dan memilih makanan yang bernutrisi agar kuat berpuasa seharian. Pola hidup yang sudah baik ini sebaiknya jangan hanya dilakukan saat bulan Ramadan, tetapi diteruskan setelah selesai Lebaran agar tubuh selalu sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini