Tips Makan Sehat saat Perjalanan Arus Balik

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 481 1724100 tips-makan-sehat-saat-perjalanan-arus-balik-fn8MsaVT1x.jpg Ilustrasi (Foto: Filipusverdi/Instagram)

RASANYA baru kemarin Anda berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, tapi aktivitas yang padat membuat Anda harus segera kembali ke rumah. Setelah Lebaran, biasanya orang cenderung makan sesuka hati dan pola makannya tidak terkontrol.

Padahal harus diingat, setelah Lebaran, Anda masih memiliki segudang aktivitas. Bisa saja Anda sakit karena tidak memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Terlebih saat di perjalanan kembali ke rumah, mungkin saja Anda mengonsumsi segala jenis makanan untuk menghabiskan waktu tanpa memperhatikan nutrisinya. Cara ini tentunya tidak tepat karena memakan makanan sembarangan bisa mengganggu pencernaan Anda. Inilah beberapa saran dari ahli gizi dr Eva Kurniawati, M.Gizi SpGK yang bisa Anda ikuti.

1. Pastikan makanan bersih dan higienis

Bagi Anda yang akan kembali ke rumah, saat di perjalanan biasanya Anda menyetok makanan agar tidak kelaparan. Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah memastikan makanan yang Anda bawa bersih dan higienis. Jangan sembarangan membeli makanan yang dijual di pinggir jalan. Untuk cari aman, saat di kampung halaman Anda bisa memasak makanan untuk dijadikan bekal perjalanan. Dengan bergitu, kualitas makanan yang diasup sudah terpercaya.

2. Jangan makan dan minum berlebihan

Makan dan minumlah saat Anda merasa perlu. Jangan terus-terusan makan saat di perjalanan karena hal itu kemungkinan bisa membuat Anda harus sering ke toilet. Terlebih bagi Anda yang kembali ke rumah dengan kendaraan pribadi. Tentu rasanya tidak enak mengemudi dengan perut kekenyangan.

3. Pilih makan bernutrisi

Untuk menjaga kesehatan di perjalanan, Anda harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Sebisa mungkin Anda makan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks, protein, lemak, dan serat yang tinggi. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi buah dan sayur.

4. Hindari camilan tidak bergizi

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat di perjalanan rasanya ingin mengemil. Hindari camilan yang berkalori tinggi, mengandung garam tinggi, serta mengandung lemak jenuh dan atau lemak trans seperti keripik, gorengan, kerupuk, kacang atom, dan stik bawang. Makanan-makanan itu hanya mengenyangkan sementara.

5. Pilih kudapan alternatif

Untuk mengenyangkan perut atau sekedar membunuh waktu di perjalanan, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan seperti yoghurt, buah segar, kacang rebus, kacang panggang, granola bar, roti lapis isi, ayam panggang lengkap dengan salada dan timun, serta tomat. Makanan-makanan itu lebih mengeyangkan perut dan bernutrisi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini