Saat Liburan Susah Tidur, Ini Penyebabnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Juni 2017 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 481 1724115 saat-liburan-susah-tidur-ini-penyebabnya-voJaUwmZwj.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TIDUR menjadi cara tubuh untuk mengembalikan energi yang terkuras. Tidur juga bisa menjadi metode penghilang stres yang paling mudah.

Namun, jam tidur yang tepat perlu Anda perhatikan, terutama ketika liburan. Jangan tidur terlalu lama atau juga terlalu singkat. Karena, tidur yang singkat bisa memicu penyakit nyeri kepala ataupun badan menjadi tidak rileks.

Tentunya masalah itu bisa menggangu Anda di pagi hari. Dilansir dari ReadersDigests, terdapat 5 hal yang bisa membuat tidur Anda tidak berkualitas.

1. Makan besar sebelum tidur

Mengonsumsi makanan besar sebelum tidur, berarti Anda memaksa ginjal untuk tetap bekerja walau tubuh Anda sebanrnya sedang terlelap. Ada hal lain yang perlu diperhatikan, bagi Anda yang memiliki masalah kantung kemih. Disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi cairan sebelum tidur agar tidak ada rasa ingin buang air kecil ketika Anda sedang terlelap nyenyak.

2. Minum alkohol sebelum tidur

Anda mungkin berpikiran, ketika menenggak minuman beralkohol, Anda bisa mengantuk lebih cepat. Kenyataannya, hal tersebut malah akan membuat Anda tidak bisa tidur secara berkualitas. Tak hanya itu, Anda juga berisiko mengalami mumpi yang buruk.

3. Merokok sebelum tidur

Alasan untuk tidak merokok sudah sering Anda dengar pastinya. Namun, perlu Anda ketahui, merokok juga ternyata bisa menggangu tidur. Sebab, nikotin yang terkandung di dalam sebatang rokok mampu membuat Anda cepat terbangun saat tidur.

4. Bersentuhan Langsung dengan Barang Elektronik

Generasi milenial sepertinya sulit untuk melepaskan gadget dari genggamannya. Dari bangun tidur sampai siap-siap terlelap. Tapi, bila Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, usahakan jangan bersentuhan langsung dengan gadget sebelum Anda tertidur. Lampu biru di layar handphone atau gadget lainnya menjadi masalah utama penggangu kemampuan Anda tertidur.

5. Pembicaraan serius sebelum tidur

Pembicaraan serius sebelum tidur menjadi factor lain Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Konfrontasi menyebabkan respons stress kelenjar adrenal Anda pun menghasilkan kortisol dan adrenalin yang pastinya menggangu tidur Anda. Jadi, jangan pernah biarkan debat kusir terjadi sebelum terlelap!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini