nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hikmah Hidup Sehat yang Harus Dipertahankan Setelah Ramadan Berlalu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 24 481 1724159 hikmah-hidup-sehat-yang-harus-dipertahankan-setelah-ramadan-berlalu-JDfboa8Dg6.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

RAMADAN telah usai. Hari yang Fitri pun akhirnya Anda rasakan. Tidak ada lagi menahan lapar sebulan penuh mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Seharusnya momen tersebut dirindukan semua umat Islam yang menjalankan puasa.

Puasa mengajarkan setiap umat untuk hidup lebih sederhana dan lebih sehat. Tidak makan sembarang dengan pola dan jenis makan yang sangat teratur adalah kebiasaan yang Anda lakukan selama Ramadhan.

Begitu juga yang dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam. Menurutnya, hikmah hidup sehat yang bisa dipetik dari Ramadan adalah tidak membiarkan tubuh menelan makanan yang tidak bergizi.

’’Selain itu, jam makan yang sangat teratur harusnya tetap dipertahankan. Sebab, dengan begitu, tubuh Akan mendapatkan waktu istirahat yang baik,’’ ungkapnya pada Okezone di RSCM Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemudian, yang bisa dipelajari dari Ramadan untuk kesehatan tubuh adalah pola tidur yang cukup. Saat berpuasa, umat seperti dibatasi dalam hal waktu. Sebisa mungkin, apapun yang dilakukan di bulan Ramadan adalah hal yang baik dan terpuji. Itu juga lah yang harusnya diilhami setelah bulan puasa berakhir.

’’Jangan memaksakan tubuh untuk mengikuti segala aktivitas yang sekiranya bisa dilewatkan. Jangan melakukan hal-hal yang malah membahayakan diri sendiri maupun memengaruhi kesehatan tubuh Anda,’’ ungkapnya.

Maka dari itu, pandailah dalam menentukan gaya hidup sehat seperti yang Anda lakukan di Ramadan kemarin. Dengan begitu, Anda dapat merasakan hikmah Ramadan dari sisi kesehatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini