Tips Cegah Asam Urat dan Encok saat Lebaran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 25 Juni 2017 12:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 24 481 1724307 tips-cegah-asam-urat-dan-encok-saat-lebaran-KT74h6ZuJI.jpg (Foto: Themuslimtimes)

KESEMUTAN saat Lebaran, tentunya menggangu. Silaturahmi dengan saudara dan tetangga pastinya akan sangat terganggu. Encok yang datang ketika Lebaran akan sangat membatasi gerak Anda, padahal dalam momen yang Fitri itu, Anda ingin saling bermaafan dengan banyak orang.

Dilansir dari Times of India, ada sedikit trik pencegahan yang bisa dilakukan. Yang jelas, dalam menjaga tubuh terhindar dari encok, Anda harus membiasakan mengonsumsi makanan yang baik dan tentunya diimbangi dengan asupan obat yang tepat. Sementara itu, untuk memgurangi kadar asam surat dalam darah, Anda mungkin perlu membatasi asupan alkohol, makanan bergula, dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging sapi, daging ayam, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Padahal, saat Lebaran makanan kaya purin pasti ada di meja makan. Untuk itu, mengontrol jumlah menu makanan menjadi sangat penting. Bukan hanya perut kenyang yang Anda rasakan, tetapi nanti bisa kaki terasa encok. Buat dipakai jalan pun sulit.

Makanan kaya purin ternyata bukan hanya berasal dari yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ternyata sayuran hijau seperti kembang kol, asparagus, bayam, kacang polong, dan jamur juga kaya akan purin. Mengonsumsi purin yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan asam urat dalam tubuh. Jika asam urat tidak dihilangkan secara normal, maka asam urat ini akan terbentuk di aliran darah yang menyebabkan radang sendi dan nyeri berlebih.

Bila sudah begitu, mengonsumsi banyak air putih adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan. Kemudian, bila ada air jeruk nipis, itu juga bisa sedikit membantu menurunkan kadar encok. Tak hanya itu, mengonsumsi apel dan berry juga bisa menjadi alternatif solusi meringankan encok.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini