nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 25 Juni 2017 18:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 25 406 1724509 jelajah-islam-tradisi-lebaran-di-china-umat-islam-ziarah-ke-makam-nenek-moyang-JopfIRVr0O.jpg Tradisi Lebaran di China (Foto: Xinhuanet)

PROVINSI Ninxia dan Xinjiang di China umumnya dihuni oleh umat Islam. Saat merayakan Idul Fitri, mereka berbondong-bondong ziarah ke makam nenek moyangnya.

Dilansir Eid, Minggu (25/6/2017) di Negara China sekiranya ada 10 kelompok etnis yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dengan populasi masyarakatnya sebanyak 18 juta jiwa.

Komunitas Han yang merayakan Idul Fitri dan sebagian besar masyarakat diberi waktu libur bekerja atau sekolah. Bahkan, selama Lebaran mereka dipasok daging hewan domba dan sapi oleh pemerintah untuk merayakan Lebaran.

Kemudian, di Provinsi Yuan juga terdapat jumlah penduduk mayoritas Muslim. Setelah salat Ied, mereka berziarah ke makam Sayyid Ajjal dan membersihkannya.

Itu merupakan tempat peristirahatan nenek moyangnya yang mengenalkan ajaran Islam. Dikisahkan Sayyid Ajjal meninggal dunia karena terbunuh dalam tragedi Revolusi Kebudayaan.

Dalam tradisi masyarakat China kegiatan ini dikenal dengan Festival Qingming. Usai membersihkan makam, mereka berdoa di sebelah pusara. Biasanya ini dilakukan bersama keluarganya.

Ketika di China, Anda yang tengah berlibur kesana tidak usah khawatir. Datangi saja tiga destinasi provinsi mayoritas Islam itu agar suasana Idul Fitri terasa hangat. (ren)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini