nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudah! Begini Cara Mengukur Tekanan Darah di Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 05:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 26 481 1724938 mudah-begini-cara-mengukur-tekanan-darah-di-rumah-jvPeyCurfA.jpg Ilustrasi (Foto: Saltinstitute)

MENGETAHUI tingkat tekanan darah setiap harinya, penting bagi penderita hipertensi. Hasil tersebut digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kesadaran untuk terus hidup sehat dan menjaga agar tubuh mendapatkan tekanan darah yang stabil.

Sekarang, Anda tak perlu lagi mengunjungi rumah sakit atau tempat layanan kesehatan lainnya untuk sekadar mengecek tekanan darah. Sebab, di rumah pun Anda bisa melakukannya.

Namun, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat ingin mengukur tekanan darah. Seperti yang tercantum dalam buku 49 Kiat Santai Menstabilkan Tekanan Darah karya Dokter Spesialis Hipertensi dr Yoshihiko Watanabe.

1. Diukur dalam jangka waktu 1 jam setelah Anda bangun tidur dan buang air. Namun, sebelum sarapan. Tekanan darah akan naik jika menahan buang air. Maka dari itu, ukur lah setelah Anda buang air.

2. Ruangannya tidak boleh terlalu dingin. Ukurlah dalam posisi duduk.

3. Tidak disarankan merokok sebelum menggunakan pengukur tekanan darah bagi perokok. Tekanan darah pasti naik setelah merokok.

4. Ukurlah 2 kali dan ambil rata-rata jika sempat. Jika tidak ada waktu, sekali juga boleh.

5. Pada malam hari, ukurlah sebelum tidur dan setelah buang air. Jangan ukur begitu sampai di rumah. Buat kamar tidak terlalu dingin dan ukur dalam posisi duduk. Jangan merokok sebelum mengikur.

6. Sebisa mungkin, catat angkanya. Saat periksa, perlihatkanlah catatan tersebut kepada dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini