nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Sepele Sering Sesak Napas saat Olahraga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 02 Juli 2017 05:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 26 481 1724940 jangan-anggap-sepele-sering-sesak-napas-saat-olahraga-y4qZ8NzUIG.jpg Ilustrasi (Foto: Thelist)

BELAKANGAN ini, Anda sering mengalami sesak tanpa alasan yang jelas? Sebaiknya Anda harus lebih perhatian dengan tubuh Anda.

Mungkin di awal-awal kondisi tersebut disebabkan karena Anda terlalu letih berolahraga. Namun, semakin ke sini, kasus sesak napas itu hadir saat Anda tidak berolahraga. Apa yang salah?

Dilansir dari Webmd, ada banyak kemungkinan penyebabnya. Tapi, dokter Anda mungkin mengatakan bahwa Anda memiliki kondisi yang disebut fibrosis paru idiopatik (IPF). Gejala Anda tersebut disebabkan oleh adanya luka di paru-paru Anda. Dampak dari hal itu ialah sulitnya Anda bernafas.

Dikatakan dokter, sampai saat ini, penyakit tersebut belum ada obatnya. Tak hanya itu, kondisi tersebut bahkan bisa semakin seiring berjalannya waktu. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan obat-obatan yang bisa membuat Anda merasa lebih baik dan hidup lebih lama.

Beberapa faktor yang mungki perlu Anda perhatikan ialah adanya kaitan antara merokok dengan IPF. Uap rokok yang masuk ked ala tubuh, akan merusak paru-paru secara perlahan. Kemudian, IPF juga bisa terjadi karena adanya infeksi seperti flu, virus Epstein-Barr yang menyebabkan mononucleosis, hepatitis, dan herpes. Hal-hal tersebutdapat meningkatkan risiko penyakit, walau bukan penyebab utamanya.

Pada penanganan masalah ini, Anda tidak bisa mengatasinya sendiri. Dukungan secara emosional seperti dari keluarga dan teman juga memiliki andil bedar dalam pemulihan.

Perlu diketahui juga, kondisi sesak yang dirasakan pada setiap orang berbeda. Pada beberapa kasus bahkan menjadi semakin parah dengan tidak menjaga baik tubuh dengan gaya hidup yang sehat. Komplikasi pun besar kemungkinan terjadi. Seperti misalnya paru-paru rusak, infeksi, pembekuan darah, atau pneumonia. Pada beberapa orang, IPF bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Saat ini dokter mampu mendiagnosis IPF lebih cepat dari sebelumnya. Dan begitu itu terjadi, mereka bisa merekomendasikan pengobatan, perawatan lainnya, atau perubahan gaya hidup yang bisa membantu Anda merasa lebih baik dan tetap sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini