Kapan Ibu Hamil Aman Melakukan Olahraga?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 481 1724949 kapan-ibu-hamil-aman-melakukan-olahraga-XH1tO0UrrM.jpg Ilustrasi (Foto: Babycenter)

PADA trimester pertama, pergerakan ibu hamil cukup terbatas, termasuk halnya melakukan olahraga. Nah, sejak kapan sih ibu hamil dapat melakukan kegiatan menyehatkan itu untuk mendukung tumbuh kembang janin?

Ketika masa awal-awal kehamilan, Anda harus mengatur segala aktivitas, apalagi jika sedang mual. Jika ingin tetap olahraga pilih yang paling nyaman dan menyenangkan ya.

Nah, rekomendasi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Boy Abidin SpOG(K), pada trimester awal ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga di pagi hari, seperti jalan kaki. Ini tak hanya membuat Anda bugar, tetapi juga dapat menguatkan otot dan tulang.

"Olahraga di tiga bulan pertama kehamilan rutinlah jalan kaki, relaksasi untuk cari udara segar," katanya saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Berikutnya, tambah dr Boy, jika Anda ingin melakukan olahraga dengan beragam jenis amannya dilakukan saat memasuki usia kehamilan trimester kedua. Karenanya, janin dalam kandungan Anda sudah mulai terbentuk dengan baik.

Kalau olahraga di masa tengah kehamilan, Anda dapat melakukan olahraga jalan kaki, berenang atau yoga. Ditambah lagi Anda bisa melakukan senam hamil, stretching, dan latihan pengencangan otot lainnya.

"Sudah trimester kedua bebas bisa olahraga apa saja yang penting nyaman. Mengingat manfaatnya baik untuk menjaga daya tahan tubuh," ungkapnya.

Lalu, di trimester ketiga usahakan untuk sering megikuti kelas yoga dan senam hamil. Manfaatnya tidak sembarangan, kegiatan ini dapat membantu melancarkan proses persalinan Anda lho. Selamat mempraktikkan ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini