nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gawat! Karena Hal Ini Pria Lebih Sering Idap Batu Ginjal daripada Wanita

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Juni 2017 11:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 26 481 1724953 gawat-karena-hal-ini-pria-lebih-sering-idap-batu-ginjal-daripada-wanita-fJ6Z1Yz3vb.jpg Ilustrasi (Foto: Reference)

LAKI-laki dewasa muda sangat rentan menderita penyakit. Salah satunya yaitu batu ginjal, terutama bagi mereka yang tidak menjalani gaya hidup sehat.

Apalagi pria modern sangat menyukai makanan tidak sehat. Pola dietnya tidak membuat fungsi organ tubuhnya membaik.

Spesialis Urologi dr Marto Sugiono SpU mengungkapkan, tak heran jika pria lebih banyak yang mengalami batu ginjal. Karena gaya hidup sehatnya tidak pernah diperhatikan.

"Laki-laki sering kena batu ginjal. Dietnya mereka lebih tinggi protein. Rata-rata dia suka makan daging, gorengan dan junk food," kata dr Marto saat ditemui Okezone di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, belum lama ini.

Saran dr Marto, pria harus mencegah terjadinya batu ginjal. Hindari faktor penyebabnya karena bisa mengganggu kualitas hidup.

Adapun faktor pemicunya tidak hanya sekedar dari salah pola makan. Anda yang terbiasa kurang minum air putih juga rentan menderita batu ginjal.

"Laki-laki juga kadang lupa minum air putih. Akhirnya dia biasakan yang buruk itu, jadilah kena batu ginjal," tuturnya.

Untuk pencegahan jangan lupa perbanyak minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Atau Anda bisa mengombinasikan dengan cairan minuman lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini