Waspada, Aneka Mikroorganisme Ini Bisa Menularkan ISPA

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 481 1724954 waspada-aneka-mikroorganisme-ini-bisa-menularkan-ispa-fJnBk8i7mG.jpg Ilustrasi (Foto: Thestar)

TAHUKAH Anda, penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) ternyata bisa ditularkan lewat paparan virus. Anda harus mencegahnya dengan cara yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas.

Spesialis Paru dr Ni Nyoman Priantini SpP mengatakan, seseorang bisa tertular ISPA ketika menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri. Umumnya, didapatkan dari seseorang yang bersin atau ketika batuk.

Cairan yang mengandung virus atau bakteri yang menempel pada permukaan benda, bisa menular ke orang lain juga saat menyentuhnya. Penularannya tergolong tidak langsung.

Banyak jenis mikroorganisme yang menjadi penyebab munculnya ISPA pada seseorang. Simak rangkumannya paparan dr Nyoman yang ditulis Okezone berikut ini.

Adenovirus

Akibat paparan adenovirus, seseorang akan mengalami gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia. Virus ini bisa memiliki lebih dari 50 jenis yang tersebar di udara.

Rhinovirus

Virus ini juga menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.

Pneumokokus

Penyakit meningitis disebabkan oleh virus pneumokokus. Bahkan, pneumokokus juga bisa memicu gangguan pernapasan lain, seperti halnya pneumonia.

"Untuk menghindari penyebaran virus maupun bakteri, sebaiknya mencuci tangan secara teratur. Terutama setelah Anda melakukan aktivitas di tempat umum," kata dr Nyoman ramah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini