Jangan Diabaikan, Komplikasi ISPA Bisa Sebabkan Penyakit Paru-Paru

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 481 1724955 jangan-diabaikan-komplikasi-ispa-bisa-sebabkan-penyakit-paru-paru-PM76QSwz6A.jpg Ilustrasi (Foto: Irishtimes)

GANGGUAN pernapasan akut atau yang lebih dikenal dengan ISPA dapat menyerang siapa saja. Jangan abaikan pula, karena bisa memicu komplikasi berbahaya.

Spesialis Paru dr Ni Nyoman Priantini SpP mengjelaskan, ISPA merupakan infeksi atau masuknya kuman, termasuk seluruh jenis mikroorganisme ke dalam tubuh manusia. Kemudian dapat berkembang biak yang dapat menimbulkan gejala penyakit saluran pernapasan.

"Gejala awal biasanya berlangsung selama 14 hari atau lebih. Penyakit ini juga mudah menular pada anak-anak, orang dewasa dan lansia," kata dr Nyoman kepada Okezone, baru-baru ini.

Adapun komplikasinya cukup beragam, bisa sangat fatal dan serius. Karena itu, Anda harus mencegahnya, dengan meningkatkan daya tahan tubuh setiap hari.

dr Nyoman menambahkan, komplikasi ISPA berupa sinusitis, faringitis, infeksi telinga tengah, infeksi saluran tuba eustachii, hingga bronkitis dan pneumonia (radang paru). Semua ini berbahaya karena cspat mengancam nyawa.

"ISPA dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Saat ada orang yang mengalaminya, sebaiknya hindari lebih dulu," simpul dokter andalan dari RS Evasari Jakarta itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini