Share

Catat! Ini Tahapan Penyembuhan Cedera Olahraga

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 02 Juli 2017 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 481 1724959 catat-ini-tahapan-penyembuhan-cedera-olahraga-c0jps03Wkf.jpg Ilustrasi (Foto: Dslaw)

CEDERA bisa dialami oleh siapa saja yang gemar berolahraga. Terlebih bagi mereka yang sering mengikuti kompetisi. Cedera tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan bisa merusak jaringan otot. Apalagi jika dipaksa untuk tetap berlatih.

Bila Anda mengalami cedera ringan, pengobatan yang biasanya dilakukan adalah conservative treatment. Pengobatan ini menggunakan obat-obatan khusus dan ketika keluhan berkurang, tahap penyembuhan selanjutnya adalah fisioterapi. Fisioterapi berguna untuk mengembalikan kekuatan otot dan jaringan sekitar daerah cedera sehingga pasien bisa kembali berolahraga atau bahkan berkompetisi dengan normal.

Namun, apabila Anda mengalami cedera yang lumayan parah, Anda harus mengeceknya ke dokter. Karena bisa saja cedera yang Anda alami membutuhkan pembedahan. Pembedahan yang dilakukan biasanya berbeda-beda karena tergantung dari jenis cederanya.

Menurut spesialis bedah ortopedi, cedera olahraga, dan artroskopi dari Rumah Sakit Royal Progress, dr I Gusti Made Febry Siswanto, MD biasanya ia dan timnya akan melakukan pembedahan minimal invasive terhadap pasien yang mengalami cedera berat. Dengan metode ini, tim dokter akan membedah dengan luka kecil sayatan yang minimal. Dengan begitu, untuk mencapai target organ yang cedera, tidak perlu banyak merusak jaringan yang sehat.

β€œHal ini kita lakukan, sebab apabila banyak sayatan dan merusak jaringan yang sehat bisa menambahkan rasa nyeri. Selain itu memperlambat proses penyembuhan,” jelas dr Febry saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Setelah pembedahan selesai, tahap penyembuhan selanjutnya adalah fisioterapi. Lama waktunya berkisar 6 bulan sampai 1 tahun. Tahap akhir dari penyembuhan adalah agility atau nama lainnya kelincahan. Pada tahap ini, fungsi-fungsi otot dikembalikan agar bagian tubuh yang mengalami cedera bisa berolahraga dengan normal kembali.

Mengalami cedera saat tentunya tidak diinginkan oleh siapapun yang gemar berolahraga. Terlebih tahapan penyembuhan yang harus dilakukan memakan waktu lama. Untuk itu, ketika olahraga, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati dan membatasi diri. Jangan terlalu memforsir tubuh karena hal itu bisa meningkatkan peluang terjadinya cedera.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini