nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Migrain Bisa Memicu Gangguan Penglihatan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 01:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 26 481 1724961 waspada-migrain-bisa-memicu-gangguan-penglihatan-LLdEeiIYMa.jpg Ilustrasi (Foto: Themominmemd)

PERNAH merasakan sakit kepala yang akhirnya menyerang ke bagian mata? Kondisi tersebut pastinya menggangu Anda. Apalagi situasi Anda sedang bekerja atau sedang aktif beraktivitas. Tentunya akan membuat Anda langsung berhenti dan mencari tempat duduk.

Mereka yang mengalami migran kebanyakan akan merasakan pusing, penglihatan menjadi lebih nyeri, bahkan sampai vertigo bersamaan dengan sakit kepala. Pada beberapa kasus, migran bisa cepat disembuhkan dengan mengonsumsi obat.

Namun, dilansir dari Webmd, tidak hanya dengan pengobatan, seseorang yang mudah terkena sakit kepala harus bisa mengubah gaya hidupnya. Tidak terlalu mengeksplor mata berlebihan, mengonsumsi makanan yang sehat, dan tidak terlalu candu dengan alkohol bisa membantu meminimalisir timbulnya migran. Terapi komplementer juga dipercaya bisa membantu mengurangi migran dan gejala lainnya yang terkait.

Masalah penglihatan yang terjadi akibat migran bisasanya dimulai 20 menit atau 1 jam sebelum sakit kepala yang berlebihan terjadi. Bahkan, beberapa kasus ditemukan bahwa masalah penglihatan terjadi karena adanya sakit kepala yang berlebihan.

Nyeri pada mata saat migran atau biasanya disebut migrain retina menyebabkan berbagai gejala penglihatan. Yang paling parah adalah kemungkinan kebutaan pada mata, sebelum dan selama sakit kepala. Untungnya, masalah ini hilang begitu saja. Namun, kehilangan penglihatan permanen bisa menjadi komplikasi jenis migrain ini.

Sementara itu, sekitar 2 dari 10 penderita migran mendapatkan sakit penglihatan sebelum sakit kepala. Beberapa gejala penglihatan tersebut antara lain titik fokus menjadi berkurang, lampu berkedip menimbulkan rasa pusing, munculnya bintik cahaya, dan adanya garis bergelombang di penglihatan.

Penanganan yang tepat tentunya akan meminimalisir migrant dan komplikasi yang bakal terjadi. Selalu menjaga kesehatan adalah kunci untuk terhindar dari masalah ini. Mengenali dengan jeli bagaimana kesehatan tubuh Anda sendiri juga bisa mencegah meningkatnya risiko yang dihasilkan dari masalah migrant ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini