Share

Mengapa Tidur dengan Pulasan Make-Up Itu Berbahaya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 27 194 1725030 mengapa-tidur-dengan-pulasan-make-up-itu-berbahaya-zZy7I9Krib.jpg Tidur dengan make up (Foot: Goodhousekeeping)

PARA kaum Hawa, pastinya sudah tidak asing lagi dengan larangan masih meninggalkan sisa pulasan make-up saat hendak tidur malam.

Membersihkan wajah yang dipulas produk make-up setelah beraktivitas seharian di luar rumah, memang jadi ritual wajib yang harus dilakoni agar kulit wajah tetap cantik sekaligus sehat.

Namun sebetulnya, kenapa jika lupa membersihkan make-up di wajah saat tidur langsung memicu timbulnya jerawat? Berikut penjelasan singkat Dr.Edwin Tanihaha, Spkk dari RS.Siloam, TB Simatupang, Jakarta Selatan.

"Saat kita tidur itu, kulit kita mengalami pengelupasan kulit secara alami. Nah, kalau di wajah kita masih ada pulasan make-up maka minyak, kotoran, cairan yang harusnya bisa keluar dari pori-pori wajah jadi enggak bisa keluar deh. Alias stuck, tersumbat," jelas Dr.Edwin Tanihaha, Spkk saat ditemui Okezone dalam suatu acara di kawasan Jakarta Pusat.

Dr. Edwin menambahkan, penyumbatan yang terjadi di pori-pori wajah tersebutlah yang kurang lebih menjadi biang keladi munculnya jerawat.

"Numpuk terus di pori-pori, akhirnya kumpul jadi jerawat deh. Biasanya berupa jerawat yang matanya putih-putih gitu. Tapi kalau jerawat batu sih faktornya banyak, bisa disebabkan dari pola cuci muka, pola tidur, pola makan, dan banyak faktor lainnya ," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini