nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Menghilangkan Noda Makanan di Baju Kaftan Berbahan Sifon

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 28 Juni 2017 21:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 27 194 1725033 trik-menghilangkan-noda-makanan-di-baju-kaftan-berbahan-sifon-FLwxQIkH7s.jpg Ilustrasi kaftan (Foto: Okezone)

KAFTAN menjadi model busana yang paling banyak dikenakan oleh para wanita saat merayakan Lebaran, apalagi kaftan dari material sifon. Kesan simpel, elegan, material yang ringan dan tidak gerah menjadi alasan kaftan sifon menjadi digemari saat Lebaran.

Namun, celaka bila kaftan berbahan sifon kesayangan Anda terkena noda lantaran sulit dihilangkan. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan noda pada busana sifon tanpa harus pergi ke laundry, seperti dilansir Etcfblog.

Taburkan bedak

Saat hari raya, Anda tentu mempersiapkan makanan untuk para tamu yang datang. Tak jarang, kaftan akan rentan dipenuhi noda minyak akibat terciprat makanan. Solusinya, taburkan bedak di atas area tersebut untuk mencegah minyak membekas pada material baju.

Pakai es batu atau lilin

Nah, jika kaftan sifon tak sengaja terkena permen karet, gunakan es batu atau lilin untuk membuat permen karet menjadi kaku dan mudah dilepas. Gosokkan es pada area baju yang terkena permen karet, diamkan sampai mengeras. Kemudian, mulai angkat permen karet secara perlahan.

Cuci menggunakan deterjen cair

Bila noda pada baju sulit dihilangkan, seperti darah atau keringat, gunakan deterjen cair khusus untuk baju berbahan halus. Rendam dalam air suhu normal kurang lebih 30 menit, lalu bilas.

Noda masih belum kunjung hilang? Campurkan satu atau dua tetes detergen dengan sejumlah hidrogen peroksida, usapkan pada area yang bernoda. Lalu, rendam dalam air dingin selama 30 menit dan bilas.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini