nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 KAYA REMPAH: Tips Menyimpan Bumbu & Rempah agar Lebih Tahan Lama

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 27 298 1725119 4-kaya-rempah-tips-menyimpan-bumbu-rempah-agar-lebih-tahan-lama-HHSVS4ZPrm.jpg Tips menyimpan rempah agar tahan lama (Foto:Navahealth)

 

MASAKAN Indonesia identik dengan aroma dan cita rasa yang sangat khas. Kedua elemen tersebut berasal dari bumbu dan rempah yang digunakan pada saat pengolahan berlangsung.

Salah satu kebiasaan buruk ibu-ibu rumah tangga di Indonesia adalah membeli rempah-rempah dan bumbu dapur dalam jumlah banyak. Alasannya untuk menghemat waktu dan pengeluaran mereka.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara yang tepat untuk menyimpan bahan masakan tersebut. Alhasil, bumbu dan rempah-rempah banyak yang terbuang sia-sia karena teksturnya telah membusuk atau kering setelah dimasukan ke dalam kulas.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak beberapa tips menyimpan bumbu dan rempah agar lebih tahan lama. Seperti dilansir Okezone dari berbagai sumber, ini ulasan lengkapnya.

Simpan di tempat gelap

Rempah idealnya disimpan di tempat yang dingin, kering, dan gelap, namun tidak lembap. Menyimpan rempah di tempat yang terkena cahaya sinar matahari langsung dapat menghilangkan rasa dan aromanya.

Letakkan pada wadah kedap udara

Simpanlah bumbu dan rempah dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunakan toples berbahan stainless steel untuk mencegah udara, dan cahaya masuk. Jangan lupa memisahkan jenis bumbu dan rempah di wadah yang berbeda.

Jauhkan dari suhu panas

Meski praktis, hindari meletakkan bumbu dan rempah di dekat kompor. Pasalnya, suhu panas dan uap lembap dapat merusak kualitas bumbu dan rempah itu sendiri.

 

Selalu pastikan bumbu dan rempah dalam kondisi kering

Bumbu dan rempah harus dijaga agar tetap kering selama disimpan. Oleh karena itu, jangan gunakan alamat makan atau sendok yang basah untuk mengambil bumbu dan rempah dari dalam wadah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini