Suguhan Lebaran Masih Banyak? Jangan Pusing, Ini Tips Praktis Mengolahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 27 298 1725134 suguhan-lebaran-masih-banyak-jangan-pusing-ini-tips-praktis-mengolahnya-fhBiy1UJec.jpg Tips mengolah makanan sisa lebaran (Foto:Happyfresh)

SAAT Hari Raya Idul Fitri, hampir seluruh umat Muslim di Indonesia merayakannya dengan saling bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Kegiatan ini biasanya diselingi dengan acara makan bersama, dengan berbagai menu pilihan khas Lebaran seperti, opor ayam, semur, kue kering, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, ada satu kendala yang sering dijumpai ketika perayaan Lebaran usai yakni, menumpuknya sisa makanan. Daripada terbuang sia-sia, yuk simak tips mengolah makanan sisa Lebaran yang bisa Anda coba di rumah, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

 

Opor dan rendang

 


Daging ayam dan rendang bisa Anda manfaatkan untuk membuat isi risoles, martabak, atau pastel. Caranya pun sangat mudah. Setelah dipanaskan, cuci daging lalu suwir-suwir sesuai dengan jenis masakan yang hendak Anda olah.

Daging ikan

Jika banyak daging ikan yang tersisa, jangan langsung memberikannya kepada kucing di rumah. Anda bisa membuat tumis daging ikan lezat dengan menambahkan beberapa bumbu pelengkap. Cukup potong-potong daging ikan, lalu tumis dengan campuran cabai hijau dan bumbu dasar. Mudah bukan?

Sirup

Sirup juga menjadi salah satu jenis minuman yang paling sering dibuang sia-sia. Padahal, Anda bisa membuat olahan es lezat dari bahan minuman tersebut. Sirup yang telah terbuka, bisa Anda tambahkan sedikit gula dan air, lalu masukkan ke tuangkan ke cetakkan es krim atau es batu. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini